Selasa 13 Agustus 2019, 11:32 WIB

Kemenpar Dukung Pegunungan Meratus Jadi Geopark Dunia

Denny S | Nusantara
Kemenpar Dukung Pegunungan Meratus Jadi Geopark Dunia

MI/Denny S
Kementerian Pariwisata Dukung Pegunungan Meratus Jadi Global Geopark.

 

MENTERI Pariwisata Arief Yahya menyatakan dukungannya agar Geopark Pegunungan Meratus menjadi bagian Unesco Global Geopark. Panorama dan keanekaragaman hayati kawasan Pegunungan Meratus mempunyai nilai jual di pasar internasional sebagai destinasi ekowisata dunia.

Hal ini dikemukakan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Selasa (13/8), disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Destinasi Pariwisata Kalsel dalam menyambut Visit Kalsel 2020 di Banjarmasin. Pemprov Kalsel sendiri menargetkan pada 2020 geopark nasional Pegunungan Meratus bisa menjadi global geopark.

"Kalsel yang lebih menjual adalah Pegunungan Meratus, karena itu statusnya kita bantu agar menjadi internasional atau global geopark. Setiap daerah harus punya ikon yang diunggulkan seperti Sumatera Utara dengan Danau Toba, Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan Borobudur," ujar Arief Yahya yang sehari sebelumnya berkesempatan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam di Mandiangin, Kabupaten Banjar.

Dengan menjadi taman bumi dunia (global geopark), maka otomatis akan banyak wisatawan mancanegara datang mengunjungi Kalsel. Industri pariwisata merupakan industri ramah lingkungan. Sektor ini dinilai dapat menjadi pengganti sumber pendapatan daerah dan ekonomi masyarakat setelah kayu dan tambang yang bakal habis.

"Pelestarian Pegunungan Meratus diyakini dapat menyejahterakan masyarakat melalui sektor pariwisata," tuturnya.

Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq memastikan akan membangun fasilitas dibutuhkan agar bisa memenuhi kriteria Pegunungan Meratus menjadi global geopark. "Pegunungan Meratus sebenarnya sudah dikenal dunia internasional. Karena itu, kami yakin statusnya menjadi geopark internasional akan bisa terwujud," ujarnya.

Konsep geopark merupakan pengembangan kawasan wisata yang memberi pengaruh terhadap konservasi, edukasi dan kesejahteraan masyarakat. Geopark Pegunungan Meratus memiliki 67 geosite yang tersebar di hampir seluruh wilayah Kalsel. Di Indonesia ada enam geopark yang sudah diakui Unesco sebagai taman dunia.(A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More