Selasa 13 Agustus 2019, 09:41 WIB

Sneijder Gantung Sepatu

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Sneijder Gantung Sepatu

AFP/Jerry Lampen
Wesley Sneijder

 

PEMAIN dengan jumlah penampilan terbanyak untuk timnas Belanda Wesley Sneijder, Senin (12/8), mengumumkan dirinya pensiun dari sepak bola. Keputusan itu mengakhiri 17 tahun kariernya sebagai pemain.

Pesepak bola berusia 35 tahun yang telah 134 kali membela timnas Belanda mengumumkan keputusannya itu saat berbicara dalam kanal Youtube klub FC Utrecht setelah membeli sebuah coroprate box di stadiun klub Eredivisie itu.

"Hubungan saya dengan kota ini sangat kuat. Kini, setelah saya pensiun, saya ingin memiliki tempat yang baik untuk berbagi kenangan saya," ujar Sneijder.

Pemain yang mengawali debutnya bersama timnas Belanda pada 2003 saat berusia 19 tahun mengantarkan Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 2010 saat tim Oranye menyerah dari Spanyol di Afrika Selatan.

Baca juga: Messi: Cedera Paksa Absen di Laga Pembuka

Penampilannya di Piala Dunia itu membuat dia dianugerahi Bola Perak, runner-up pemain terbaik di belakang striker Uruguay Diego Forlan.

Empat tahun kemudian, di Brasil, Sneijder mengantarkan Belanda menduduki peringkat ketiga setelah gagal dalam adu penalti di laga semifinal melawan Argentina.

Sneijder juga masuk dalam tim terbaik Piala Eropa 2008 meski Belanda tersingkir di babak perempat final setelah kalah dari Rusia.

Keberhasilan Snejider membawa Belanda ke final Piala Dunia 2010 terjadi setelah musim terbaiknya di level klub. Sneijder mengantarkan Inter Milan menjadi juara Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions.

Pemain lulusan akademi Ajax pada 2002 itu memenangkan gelar Eredivisie dan dua gelar KNVB Bekeer selama lima tahun bersama De Amsterdamer sebelum dia hijhrah ke Real Madrid.

Bersama El Real, Sneijder memenangkan gelar La Liga pada 2008 sebelum pindah ke Inter Milan pada tahun berikutnya untuk memenangkan treble.

Setelah itu, serangkaian cedera membuat dia pindah ke klub Turki Galatasaray, tempat dia memenangkan dua gelar Liga Turki dan tiga gelar Piala Turki dalam tempo empat tahun.

Sneijder mengakhiri kariernya sebagai pemain bersama klub Qatar Al Gharafa. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More