Selasa 13 Agustus 2019, 08:15 WIB

Promotor Bela Keputusan Gelar Laga Joshua vs Ruiz di Arab Saudi

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Promotor Bela Keputusan Gelar Laga Joshua vs Ruiz di Arab Saudi

AFP/Al Bello/Getty Images
Anthony Joshua dipukul jatuh oleh Andy Ruiz Jr dalam laga di Madison Square Garden, 1 Juni lalu.

PROMOTOR tinju Eddie Hearn mengatakan keputusan untuk menggelar laga ulang tinju kelas berat dunia antara Anthony Joshua dan Andy Ruiz Jr di Arab Saudi akan mengubah wajah tinju dunia.

Sebelumnya, Amnesty International mengkritik pemilihan venue untuk laga pada 7 Desember itu menggarisbawahi buruknya rekor HAM Arab Saudi terkait pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi dan perang di Yaman.

Namun, Hearn membela keputuran Matchroom untuk menggelar laga perebutan gelar kelas berat IBF, WBA, dan WBO itu di Arab Saudi dengan mengatakan keputusan itu bisa memperluas penonton tinju dunia.

"Kita telah menyadari adanya dunia yang luas di luar Cardiff dan Madison Square Garden. Laga ini akan mengubah tinju dunia selamanya. Anda bisa melihat perubahan besar dalam olahraga ini," ujar Hearn.

"Ini adalah saat yang tepat melakukan perubahan dan kami berusaha melakukannya melalui olahraga."

Baca juga: Segera Cari Atlet Pelapis Daud Yordan

"Orang mengira Anda tidak bisa pergi ke Arab Saudi atau bahwa perempuan tidak bisa menonton pertandingan tinju. Namun, saya memastikan, laki-laki dan perempuan bisa menonton. Jika Anda membeli tiket, Anda akan otomatis mendapatkan visa," imbuhnya.

Heard menambahkan tidak adil mengkritik tinju karena menggelar laga di Arab Saudi setelah sejumlah olahraga menggelar pertandingan mereka di negara itu.

"Kami mengerti mengenai kritik yang diberikan. Namun, saya melihat telah banyak organisasi yang menggelar pertandingan di sana. Ada Formula 1, tur golf Eropa, Supercoppa Iralia, dan WWE. Ini akan mnejadi momen penting bagi tinju," tegas Hearn.

Lokasi netral merupakan permintaan Ruiz yang tidak mau bertanding di Inggris.

Laga antara Joshua dan Ruiz akan digelar di Diriyah, kota di luar Ibu Kota Riyadh sekitar pukul 20.00 GMT.

"Laga ini akan menjadi salah satu laga bersejarah seperti Rumble in the Jungle dan Thrilla in  Manila," pungkas Hearn. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More