Selasa 13 Agustus 2019, 06:35 WIB

Menristekdikti Majukan Jadwal UTBK 2020

Medcom.id/H-3 | Humaniora
Menristekdikti Majukan Jadwal UTBK 2020

MI/ BARY FATHAHILAH
Menristekdikti Mohamad Nasir

 

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengusulkan agar penerimaan mahasiswa baru, utamanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dimajukan menjadi akhir 2019. Diharapkan pada awal 2020, siswa sudah mengetahui diterima di perguruan tinggi dan prodi tertentu.

“Kita ambil sekitar November-Desember, jadi Januari sudah ada kepastian diterima di perguruan tinggi. Siswa tinggal mengejar Ujian Nasional (UN) mereka,” kata Nasir di Jakarta, kemarin.

Menurut Nasir, UTBK dimajukan agar siswa mempunyai waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan UN tanpa harus memikirkan UTBK yang telah dijalani pa-da semester lima.

“Dengan begitu, perguruan tinggi akan mendapatkan sumber daya manusia berkualitas. Contoh, jumlah pendaftar UTBK tahun ini menurun. Artinya, dengan sistem UTBK, calon mahasiswa menjadi lebih rasional dan lebih terbuka,” jelasnya.

Usulan ujian masuk perguruan tinggi ini telah diajukan sejak tahun 2017. Tahun ini, ujian akan dievaluasi penuh mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi.

“Perubahan jadwal UTBK dirapatkan Agustus-September. Oktober disiapkan. Jadwal SNMPTN masih akan dievaluasi dulu. Tapi mengingat inputnya dari sumber yang sama, ada kemungkinan jadwal SNMPTN juga akan maju,” terang Nasir.

Rencana pengajuan UTBK pernah diungkapkan Nasir pada awal tahun. Memajukan jadwal penerimaan mahasiswa baru terutama UTBK, dilakukan salah satunya untuk mengantisipasi agar siswa berprestasi tidak berbondong-bondong ke perguruan tinggi di luar negeri.

Nasir menuturkan, calon mahasiswa baru berprestasi dari Indonesia menjadi incaran para pencari bakat dari perguruan tinggi di luar negeri. Mereka melakukan penjaringan lebih awal dari proses penerimaan mahasiswa baru di Indonesia.  

“Inilah yang saya lakukan, strategi ini supaya tidak terjadi berbondong-bondong mendaftar ke luar negeri. Kalau biasanya dimulai Januari perlu maju, karena penerimaan mahasiswa baru di luar negeri Desember, kita bisa bulan November,” kata Nasir di Jakarta, Selasa 16 April 2019.

Nasir sebelumnya meng-ungkapkan, UTBK 2019 sudah menggunakan standar internasional untuk penerimaan mahasiswa baru sehingga setiap siswa nantinya juga bisa mendaftarkan diri mereka untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. (Medcom.id/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More