Senin 12 Agustus 2019, 21:34 WIB

Peradilan Pemilu Harus Disusun Mendetail

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Peradilan Pemilu Harus Disusun Mendetail

MI/M. Irfan
Diskusi soal peradilan Pemilu di kantor Knstitusi dan Demokrasi (KoDe) Inisiatif

 

HINGGA saat ini peradilan khusus yang menangani sengketa pemilihan umum, baik secara administrasi maupun pelanggaran pidana belum tersedia. Karena itu, Direktur Konstitusi dan Demokrasi (KoDe) Inisiatif Veri Junaidi pun ikut menyetujui adanya peradilan khusus pemilu.

Namun, ia menegaskan, peradilan pemilu yang diwacanakan oleh Badan Pengawas Pemilu itu harus disusun secara mendetail. Desain peradilan pemilu harus jelas pengaturannya.

Baca juga : Bawaslu Siap Jadi Bagian Peradilan Pemilu Untuk Tangani Sengketa

"Dilevel mana ia akan dibentuk. Penataan kewenangan sengketa ini seharusnya sudah mulai disiapkan. Memang akan sangat kompleks, tapi kalau mau menata, menurut saya sejak sekarang harus didiskusikan sekompleks mungkin peradilan khusus itu," kata Veri di Jakarta, Senin (12/8).

Selain itu, peradilan pemilu pun harus jelas kewenagannya. Jangan sampai nantinya, kewenangan peradilan pemilu justru hanya mengurusi perkara yang tidak signifikan dalam proses pemilu.

"Tinggal nanti timelinenya misalnya sampai tahun berapa dibentuk khusus menangani apa. Karena sangat disayangkan kalau kita bicara peradilan khusus, mereka cuma satu kewenangan saja. Ini kan membangun suatu lembaga yang besar dengan biaya yang besar kalau menangani hal kecil, ya tidak pas," tandas Veri. (OL-7)

Baca Juga

Istimewa

Adaptasi dan Kepastian Hukum Bagi Notaris di era New Normal

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 18:55 WIB
MEMASUKI tatanan era baru atau new normal menjadi tantangan tersendiri bagi para notaris. Selain perlu adaptasi, dukungan regulasi dari...
Inibaru.com/i-malut.com

Jejak Ruslan Buton, Salah Satu Pelaku Pembunuhan Petani Cengkeh

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 18:13 WIB
Ruslan dan kawan-kawan diduga melakukan penganiayaan hingga La gode tewas sehingga Ruslan ditahan 1 tahun 10 bulan pada...
MI/MOHAMAD IRFAN

Dorong Kesiapan Daerah, Kemendagri Gelar Lomba Inovasi New Normal

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 17:45 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, mengatakan bahwa diadakannya lomba inovasi itu dilatarbelakangi oleh situasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya