Senin 12 Agustus 2019, 20:30 WIB

Bekuk Laos, Indonesia Segel Tiket ke Semifinal

Cahya Mulyana | Sepak Bola
Bekuk Laos, Indonesia Segel Tiket ke Semifinal

ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Pesepak bola Indonesia Sutan Zico (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Laos Akkhom Thoranin (kiri).

 

TIM nasional Indonesia U-18 memastikan diri ke semifinal Piala AFF U-18 2019. Kesuksesan itu didapat tim besutan Fakhri Husaini tersebut setelah mengalahkan Laos 2-1 dalam lanjutan penyisihan Grup A, Senin (12/8).

Saat bermain di Stadion Thong Nat, Ho Chi Minh City, Vietnam, Indonesia sebenarnya sempat tertinggal lebih dulu sebelum bangkit dan membalas dengan dua gol.

Secara umum pertandingan kedua tim berlangsung sengit. Laos unggul lebih dulu lewat gol Alounnay Lounlasy di menit ke-69. Garuda Nusantara kemudian membalas melalui gol Bagus Kahfi (72') dan bunuh diri Anoulack Vannalath (91').

Kemenangan atas Laos itu merupakan kemenangan keempat Indonesia di fase grup. Hasil itu membuat Garuda Nusantara memimpin Grup A dengan 12 poin dari empat laga, diikuti Myanmar di posisi kedua dengan sembilan poin dari tiga pertandingan.

Pelatih Timnas Indonesia U-18 Fakhri Husaini menilai Laos merupakan lawan yang memiliki kedisiplinan saat menyerang dan bertahan. Sebab saat semua pemain mereka menyerang masih terdapat barisan belakang yang tetap berada di wilayah pertahanan.

Baca juga: Fakhri Husaini Pastikan Timnas U-18 tidak Jemawa

"Itu yang membuat kami kesulitan sedikit untuk mengembangkan permainan. Dalam menekan, mereka membagi dua grup, lima menyerang dan lima lagi diam menjaga daerah pertahanannya. Tapi syukur Alhamdulillah pemain saya bisa meresponnya setelah kami kemasukan gol pertama tadi," paparnya seusai laga.

Menurut dia, Laos memberikan pelajaran berharga untuk pasukannya. Sebab bermain disiplin merupakan hal yang penting dalam mengejar target kemenangan dan itu sudah terlihat dari apiknya permainan Laos.

"Ini pengalaman lagi bagi mereka saat menghadapi tim yang bermain seperti Laos. Mereka harus bisa bermain lebih disiplin dan tenang dalam menyerang," katanya.

Tapi di luar itu, kata dia, kemenangan keempat merupakan buah dari perjuangan pasukannya melewati skema permainan Laos yang lebih baik. "Apapun itu kemenangan ini sangat berarti bagi kami, untuk mengamankan posisi kami di klasemen. Saya apresiasi kerja keras tim. Ini bukan pertandingan yang mudah. Kami siap siapapun lawan kami di semifinal. Kami harus fokus lebih dahulu melawan Myanmar di pertandingan terakhir Grup A," pungkasnya. (Cah/A-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More