Senin 12 Agustus 2019, 17:00 WIB

BI Beri Sinyal akan Kembali Turunkan Tingkat Suku Bunga

Atalya Puspa | Ekonomi
BI Beri Sinyal akan Kembali Turunkan Tingkat Suku Bunga

ANTARA
Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo

 

BANK Indonesia (BI) kembali memberikan sinyal untuk menurunkan tingkat suku bunga acuannya yang saat ini berada di level 5,75%. Hal itu diungkapkan oleh Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo.

Dia mengungkapkan, pihaknya selalu melihat kemungkinan yang ada untuk kembali menurunkan suku bunga acuan guna memberikan kebijakan makroprudensial yang longgar.

"Kita masih akan liat lagi ke depan. Kita sebentar lagi akan lakukan RDG. Pak Gubernur BI (Perry Warjiyo) telah katakan ruang (untuk turunkan suku bunga) ada. Jadi tinggal timingnya," kata Dody di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (12/8).

Menurut Dody, pihak BI tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menurunkan tingkat suku bunganya. Hal itu akan dilihat dari kondisi perekonomian domestik dan global, khususnya perang dagang antara AS dan Tiogkok.

"Timing jadi penting sebab bagaimana risiko yang harus diliat kedepannya. Risiko tentu lebih banyak pasar global bagaimana trade war masih akan berlanjut sedalam permasalahannya," tuturnya.

Baca juga: Dorong Industri Manufaktur, BI Gelar Seminar Internasional

Di sisi lain, dari segi kebijakan akomodatif, Dody mengungkapkan pelonggaran kebijakan makroprudensial akan dilakukan dengan mendorong sejumlah sektor prioritas.

"Saya belum bisa bilang banyak. Tapi salah satu pemikiran BI adalah dengan kebijakan makroprudensial yang mendorong sektor prioritas," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan dukungan pada kemudahan sistem pembayaran dengan melibatkan financial technology guna menciptakan ekonomi yang lebih efisien. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More