Senin 12 Agustus 2019, 15:22 WIB

Palembang Jadi Role Model Atasi Kawasan Kumuh

Dwi Apriani | Nusantara
Palembang Jadi Role Model Atasi Kawasan Kumuh

MI/Dwi Apriani
Kepala Balai Prasarana Permukiman Kementerian PU PR Irwan Kusuma beraudensi dengan Wali Kota Palembang, Senin (12/8)

 

DAYA tarik Kota Palembang yang memiliki anak-anak sungai membuat banyak pihak tertarik. Karena itu, Kota Palembang akan dijadikan role model penataan kawasan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dalam audiensi, Kepala Balai Prasarana Permukiman Kementerian PU PR Irwan Kusuma saat bertemu dengan Wali Kota Palembang, Senin (12/8) mengatakan Palembang akan menjadi role model penataan kawasan. Termasuk program restorasi Sungai Sekanak Lambidaro yang digagas oleh Wali Kota Palembang.

"Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro yang akan dibangun mulai 2020 akan menjadi role model bagi seluruh daerah di Indonesia. Palembang berhasil mengatasi kawasan kumuh menjadi destinasi wisata berkelas," ungkap Irwan Kusuma, Senin (12/8)

Selain itu, Irwan menambahkan nantinya akan dibangun rumah bagi korban kebakaran di kawasan Kertapati.

"Revitalisasi 113 rumah serta penataan kawasan di kawasan kebakaran Kertapati akan dilaksanakan. Kawasan tersebut akan kita tata ulang menjadi kawasan yang sehat," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo menyambut baik keinginan Balai Besar untuk menjadikan Palembang sebagai role model.

"Ini visi kita, menjadikan Palembang sebagai Venesia dari timur, akan terwujud. Setelah restorasi Sungai Sekanak Lambidaro ini selesai, Palembang akan menjadi Kota paling cantik, dengan wisata sungai sebagai destinasi utamanya," ujar Harnojoyo.

Pembangunan fisik sendiri akan  dilakukan pada 2020.

"Akan ditenderkan paling lambat Desember 2019. Dan pembangunan akan dimulai pada 2020, mudah-mudahan tidak ada kendala berarti dalam penyelesaian proyek tersebut," ujarnya.

baca juga: Kawasan Hutan di Banjarnegara Terbakar, Kerugian Masih Dihitung

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro merupakan program untuk merestorasi kawasan Sungai Sekanak Lambidaro yang nantinya akan kembali difungsikan sebagai kawasan wisata dan juga transportasi. Harnojoyo mengatakan, selain program restorasi sungai, akan diprogramkan pembangunan perumahan komunitas.

"Seperti komunitas pejuang subuh, komunitas penyapu jalan, komunitas pembersih sungai dan saluran air dan komunitas pemeliharaan jalan, yang kita sentralkan dalam satu kawasan," tandasnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More