Senin 12 Agustus 2019, 13:53 WIB

Terpantau 8 Titik Panas di Bangka Belitung

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Terpantau 8 Titik Panas di Bangka Belitung

MI/Dwi Apriani
Ilustrasi

 

SEBANYAK delapan titik panas atau hotspot yang diduga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terpantau Satelit Terra Aqua dan Suomi NPP di Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung,  Mikron Antariksa mengatakan kedelapan titik panas rinciannya empat titik di Bangka dan empat titik di Belitung Timur.

"Di Bangka 4 titik semuanya ada di kecamatan Puding Besar, sedangkan untuk Belitung Timur ada empat titik di Kecamatan Gantung," kata Mikron, Senin (12/8).

"Kalau di Puding tingkat akurasinya cukup tinggi 100%. Ini karena adanya lahan terbakar kendati tidak terlalu luas," ujarnya.

Ia menghimbau, suhu panas 32 derajat celcius ini rentan sekali karthutla. Masyarakat harus waspada dan tidak membuka lahan dengan membakar termasuk membuang puntung rokok sembarangan.

baca juga: Kasatlantas Polres Surakarta Siap Diperiksa Kasus Tabrak Lari

Sementara, Kapolda Babel Brigjend Istiono menyatakan masalah karhutla ini menjadi antensi khusus untuk mengantisipasi dampak karhutla.

"Setiap hari personel kita dikerahkan untuk memantau melalui udara titik karhutla dengan helikopter," kata Kapolda. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More