Senin 12 Agustus 2019, 16:00 WIB

Dorong Industri Manufaktur, BI Gelar Seminar Internasional

Atalya Puspa | Ekonomi
Dorong Industri Manufaktur, BI Gelar Seminar Internasional

ANTARA/Puspa Perwitasari
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo

 

BANK Indonesia menggelar seminar internasional bertajuk 'Structural Transformation through Manufacturing Sector Development for High and Sustainable Economic Growth.'

Deputi Gubernur BI Doddy Budi Waluyo mengungkapkan seminar tersebut diadakan mengingat pentingnya peran industri manufaktur dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Seminar ini bertujuan membahas peta jalan strategi pengembangan manufaktur Indonesia dan mencapai pemahaman bersama tentang kebijakan dan strategi industri yang paling tepat serta didukung pembelajaran dari negara lain," kata Doddy di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (12/8).

Doddy menuturkan, saat ini, perekonomian Indonesia telah tumbuh cepat. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang berada di kisaran 5,6% dalam 10 tahun terakhir.

Dirinya menilai angka pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai negara berkembang masih cukup baik di tengah kondisi ketidakpastian global.

Baca juga: Atasi Defisit Neraca Dagang, Pemerintah Dorong Hortikultura

Untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi lebih jauh lagi, Doddy mengungkapkan industri manufaktur bisa menjadi salah satu yang didorong.

"Untuk mendorong perkembangan industri manufaktur, BI senantiasa menciptakan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial yang akomodatif, salah satunya yakni dengan penurunan suku bunga acuan BI," tutur Doddy.

Adapun, seminar tersebut dihadiri oleh Pendiri Institute for Manufacturing Cambridge University Sir Miker Gregory, perwakilan dari Kemenko Bidang Perekonomian Raden Edi Priyo Pambudi, perwakilan dari Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi, perwakilan Kementerian Keuangan Rofyanto Kurniawan, Country Director Indonesia Resident Asian Development Bank (ADB) Winfried F Wicklein dan Lead Country Economist, serta World Bank Indonesia. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More