Senin 12 Agustus 2019, 04:30 WIB

IPC Segera Luncurkan Aplikasi Logistik Daring

Try/S-3 | Ekonomi
IPC Segera Luncurkan Aplikasi Logistik Daring

ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Indonesia Port Corporation (IPC) tengah menyiapkan aplikasi logistik online.

 

PELABUHAN memiliki berbagai pihak yang berkepen­tingan. Pihak tersebut antara lain terdapat perusahaan depo yang menyediakan kontainer, perusahaan penyedia truk, dan perusahaan penyedia gudang.

Untuk itu, PT Pelabuhan Indonesia II atau Indonesia Port Corporation (IPC) tengah menyiapkan aplikasi logistik online (daring) untuk para stakeholders. Rencananya aplikasi tersebut dirilis pada akhir bulan ini.

“Selama dua tahun, kami membenahi digitalisasi pada proses bisnis internal. Sekarang kami masuk layanan digitalisasi untuk komunitas atau ekosistem di bidang logistik,” ujar Direktur Operasi IPC, Prasetyadi, di Jakarta, pekan lalu.

Namun, untuk awalan aplikasi itu akan menyasar per­usahaan truk yang kini ber­operasi sekitar 12 ribu unit per hari di pelabuhan. Lewat aplikasi itu, pemilik barang atau kargo dapat memilih truk yang ingin digunakan layaknya memesan ojek da­ring.

Setelah memilih truk yang sesuai keinginan, pengusaha kargo menghubungi depo lewat aplikasi itu pula. Pengguna dapat memilih kontainer sesuai kebutuhan.

Menurut Prasetyadi, terdapat sejumlah efisiensi biaya dan waktu dengan pemanfaat­an aplikasi itu. Contohnya, peng­usaha kargo tidak perlu lagi menelepon beberapa per­usahaan truk untuk mencari tipe dan harga yang cocok. Begitu pula perusahaan truk tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pemasaran. Tarif pun lebih transparan lewat aplikasi logistik daring karena sudah pasti. “Efisiensi biaya dapat mencapai 30% menurut best practice,” ungkapnya.

Keamanan kargo juga terjamin. Soalnya, para pemilik kargo dapat melakukan tracking dan tracing terkait dengan posisi barang mereka terkini.

Ke depan, aplikasi itu seperti e-commerce yang melayani seluruh komunitas logistik di pelabuhan.

Sebelumnya, Direktur ­Utama IPC, Elvyn G Masassya, mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan meluncurkan aplikasi logistik untuk memudahkan pergerakan barang mulai dermaga, pergudangan, hingga pendistribusiannya ke luar area pelabuhan.

Aplikasi logistik dengan platform digital ini merupakan bagian dari upaya IPC untuk menjadi fasilitator perdagangan.

“Kita ingin semua operasional di pelabuhan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah. Tak ada lagi yang manual. Semuanya menjadi berbasis digital dan cashless,” ujarnya melalui rilis yang diterima. (Try/S-3)

Baca Juga

Antara/Rahmad

Terdampak Covid-19, Pemerintah Siap Beli Produk Perikanan

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pasar produk perikanan global ikut terdampak pandemi covid-19. Mengantisipasi turunnya permintaan, pemerintah berencana  membeli...
Dok. Pribadi

Kementan Jamin Kelancaran Distribusi Pangan

👤DESPIAN NURHIDAYAT 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:50 WIB
Karena menyangkut hajat hidup masyarakat, Kementan berupaya pangan sampai ke...
Antara/Puspa Perwitasari

Ada Covid-19, Perusahaan Ini Percepat Bagi Bonus Karyawan Rp318 M

👤Raja Suhud 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 23:50 WIB
Manajemen Indosat juga mengumumkan segera memberikan bonus tahunan lebih awal sebesar total Rp318 miliar kepada seluruh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya