Minggu 11 Agustus 2019, 17:45 WIB

Hadapi Laos, Indonesia tidak Mau Lengah

Cahya Mulyana | Sepak Bola
Hadapi Laos, Indonesia tidak Mau Lengah

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Pelatih Timnas Indonesia U-18 Fakhri Husaini.

 

TIM nasional Indonesia U-18 tidak mau manganggap enteng Laos yang akan mereka hadapi pada laga keempat Grup A Piala AFF U-18 di Stadion Thong Nhat, Vietnam, Senin (12/8).  Untuk skuat 'Garuda Muda' akan tetap bermain seperti biasanya, yakni menyerang.

Pelatih Timnas Indonesia U-18 Fakhri Husaini mengungkapkan hal tersebut. "Laos patut kita waspadai. Sejauh ini mereka sudah mengoleksi dua kemenangan, saat mereka melawan Brunei dan Filipina. Melawan Laos kami tak mau mengendurkan serangan, tetap tampil agresif seperti, menyerang, bermain efektif dalam bertahan dan saat menyerang,” jelas Fakhir dalam keterangan resmi, Minggu (11/8).

Menurut dia, semua punggawanya selalu siap untuk bermain. Namun saat melawan Laos, ia akan menurunkan pemain yang memiliki kondisi terbaik. Pasalnya masih ada satu lagi laga sisa sebelum bermain di semifinal.

Baca juga: Belum Kalah Di Piala AFF U-18, Fakhri Soroti Pertahanan Timnas

“Hanya saja rotasi mungkin nanti diperlukan, dengan lebih dahulu melihat kondisi terakhir pemain. Itu salah satu cara kami menyiasati jadwal padat di AFF ini,” tutupnya.

Timnas Indonesia U-18 kokoh menempati puncak klasemen grup A Piala AFF U-18 Vietnam dengan raihan sembilan poin dan tersisa dua laga lagi kedepannya. Itu berkat kemenangan 7-1 atas Filipina, 4-0 atas Timor Leste dan 6-1 kontra Brunei Darussalam.

Walaupun meraih hasil sempurna namun Pelatih Timnas Indonesia U-18 Fakhri Husaini menilai dua gol yang bersarang di gawang pasukannya harus tidak boleh terjadi lagi pada laga ke depan. Hal itu diduga karena kurangnya komunikasi dan soliditas antar pemain.

“Kemasukan dua gol sejauh ini saya rasa karena kurangnya komunikasi dan disiplin dalam bertahan antara pemain belakang dan kiper. Ini pelajaran untuk mereka, terutama untuk pemain yang baru diturunkan, serta kiper," katanya.

Untuk mengantisipasi hal serupa, ia menekankan supaya skuatnya memperbaiki kelemahan yang menyebabkan kebobolan dua gol. Fakhri berharap para pemainnya bisa belajar cepat dari kesalahan yang sudah mereka perbuat.

"Saya juga katakan ke pemain untuk terus fokus dan konsentrasi sepanjang pertandingan. Jangan merasa nyaman karena sudah mencetak gol banyak lebih dulu. Saya harap mereka bisa cepat belajar dari kesalahan itu,” pungkasnya. (Cah/A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More