Minggu 11 Agustus 2019, 03:00 WIB

Perawatan Jok Kulit Mobil, Ini Pantangannya

M. Bagus Rachmanto | Otomotif
Perawatan Jok Kulit Mobil, Ini Pantangannya

meineke.com
Perawatan jok kulit mobil

SEBAGIAN mobil keluaran teranyar dengan harga di atas Rp250 jutaan biasanya sudah menggunakan jok berbahan kulit. Bahkan untuk mobil kelas bawah, juga sudah ada yang pakai jok kulit untuk varian tertingginya.
 
Jok kulit ini membuat interior terasa lebih mewah dan eksklusif. Tapi di satu sisi, ada sejumlah pantangan agar jok kulit bisa lebih awet dan tidak cepat rusak.
 
"Kalau kena noda seharusnya langsung dibersihkan, cukup pakai air dan sabun cuci tangan. Tapi tergantung nodanya apa," kata Henry Winson, Sales Marketing Manager PT Agung Poly Nugraha, produsen jok sintetis merek Force dan Chronos, saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Henry menambahkan ada sejumlah noda yang harus diwaspadai, pertama makanan berminyak dan tinta. "Karena mengadung minyak, termasuk tinta itu basisnya minyak. Minyak itu bisa meresap menembus kedalam lapisan kulit sintetis," ungkapnya.
 
Jangan coba-coba juga membersihkannya dengan deterjen dan tiner, karena sifatnya keras dan bisa merusak lapisan pelindung kulit sintetis. "Pelindung ini untuk pertahankan kilap dan menjaga dari kotoran," lanjut Henry.
 
Jadi cukup gunakan air dan sabun khusus cuci tangan saja. Lapnya pun sebaiknya berbahan halus, seperti lap kacamata. "Jangan disikat, yang ada malah justru merusak kulitnya juga," wanti Henry.  (Medcom/OL-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More