Sabtu 10 Agustus 2019, 10:30 WIB

YLKI Imbau Distribusi Daging Kurban tidak Gunakan Plastik

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
YLKI Imbau Distribusi Daging Kurban tidak Gunakan Plastik

MI/Ramdani
Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi (dua kiri)

 

KETUA Pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengimbau panitia penyembelihan hewan kurban tidak membagikan daging dengan pembungkus kantong plastik.

Hal ini senada dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ihwal penggantian kantong plastik dengan wadah ramah lingkungan saat pembagian hak atas daging kurban pada Idul Adha nanti.

"YLKI mengimbau agar panitia Idul Adha menyiapkan dan membungkus daging kurban dengan bungkus nonplastik," kata Tulus dalam keterangan resmi, Jakarta, Sabtu (10/8).

Ia menyebutkan hal ini dilakukan demi menjaga lingkungan dengan cara menekan konsumsi plastik di kalangan masyarakat.

"Pengurangan penggunaan kantong plastik sangat urgent untuk menekan konsumsi sampah plastik. Ingat, Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia," jelasnya.

Baca juga: Wadah Daging Kurban Tidak Gunakan Kantong Plastik

Namun, jika memang panitia Idul Adha terpaksa harus menggunakan kantong plastik, Tulus mengimbau panitia harus memastikan dua hal.

"Panitia harus menjamin bahwa plastik yang digunakan merupakan jenis yang ramah lingkungan. Jenis plastik yang gampang atau mudah diurai oleh lingkungan (bio degradable)," ujarnya.

Ia melanjutkan kantong plastik yang digunakan sebagai wadah daging kurban juga aman untuk membungkus makanan.

"Panitia harus menjamin bahwa jenis plastik yang aman untuk pembungkus makanan, termasuk daging kurban. Jangan sampai daging kurban dibungkus dengan tas kresek warna hitam," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More