Jumat 09 Agustus 2019, 19:26 WIB

Permintaan Mega terkait Jatah Menteri tak Pengaruhi Koalisi

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Permintaan Mega terkait Jatah Menteri tak Pengaruhi Koalisi

MI/M Irfan
Sekjen NasDem Johnny G Plate (kanan)

 

PERMINTAAN Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terkait jatah menteri kepada Presiden Joko Widodo dinilai tidak mempengaruhi kesolidan Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Hal ini diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate di Jakarta, Jumat (9/8).

Johnny memastikan partai-partai KIK tetap solid dalam lingkaran partai pendukung pemerintah. Secara internal, kesolidan partai KIK tetap sama seperti pada saat awal koalisi mendukung Jokowi.

"Tidak menggoyang (internal koalisi) karena memang ada pemahaman mendasar bahwa keputusan akhir tetap ada pada Pak Jokowi (Presiden terpilih Joko Widodo)," ujar Johnny.

Baca juga: NasDem Pasrah Terkait Jumlah Kursi Menteri di Kabinet Mendatang

Pihaknya menyadari permintaan Megawati yang menginginkan kursi menteri lebih dari 4 merupakan hal wajar dalam koalisi. Pasalnya PDI-P merupakan partai pemenang Pemilu 2019.

Namun kendati demikian, NasDem tentu menghormati hak prerogatif Presiden. Komposisi di kabinet bukan soal banyaknya perwakilan partai koalisi, tetapi calon menteri perlu didukung kompetensi, manajemen efektif dan integritas yang memadai.

"Kami yakini hal tersebut akan menjadi pertimbangan penting Pak Jokowi dalam menetapkan anggota kabinet," tutur Johnny.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More