Rabu 07 Agustus 2019, 22:25 WIB

Savana Gua Jepang Nagekeo Terbakar, Lebih 1.000 Hektare Hangus

Ignas Kunda | Nusantara
Savana Gua Jepang Nagekeo Terbakar, Lebih 1.000 Hektare Hangus

ist
Kebakaran savana di Nagekeo di Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Teggara Timur

 

HASIL pemetaan Legiun Jurnalis Nagekeo kurang lebih 1.000 hektare hamparan savana di Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Teggara Timur, telah terbakar dalam seminggu terakhir.

Hasil pantauan Media Indonesia, kebakaran terbaru terjadi pada savana sekitar lokasi wisata Gua Jepang, Desa Aeramo. Kebakaran terjadi sekitar pukul 21.30 Wita, Rabu (7/8). Diduga api berasal dari arah utara, sekitar jalan menuju RSUD Aeramo. Api cepat menjalar dan melalap habis rerumputan kering, apalagi ditambah embusan angin.  

"Ini kebakaran diduga akibat ada kesengajaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab," kata Ius, seorang pengendara sepeda motor.

 

Baca juga: Truk Terguling Timpa Minibus, 4 Tewas


Kebakaran savana di Nagekeo ini selalu terjadi pada malam hari sekitar pukul 18.00-22.00 Wita sehingga amat mungkin diakibatkan perbuatan orang secara disengaja.

Menurut Anton Moti, anggota DPRD Nagekeo, kebakaran diduga akibat kesengajaan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab yang tak sadar akan keindahan dan ekosistem savana yang ada.

"Savana ini indah dan harus dijaga bukan dibakar, jadi saya kira ini peran pemerintah harus proaktif melihat masalah ini, perlu dibangun kesadaran pentingnya savana agar ekosistem savana tetap terjaga. Ini juga salah satu keindahan sekitar kita yang menjadi aset wisata, jadi saya kira harus tegas mulailah mengambil peran dan tindakan seperti dengan penerapan sangsi dan menghidupkan kembali hukum adat yang ada di dalam masyarakat kita, bukan hanya pasang papan peringatan," kata Anton. (OL-1

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More