Rabu 07 Agustus 2019, 16:56 WIB

BI Beri Sinyal Pertahankan Kebijakan Moneter Longgar

Atalya Puspa | Ekonomi
BI Beri Sinyal Pertahankan Kebijakan Moneter Longgar

MI/Adam Dwi
Deputy Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti.

 

DI tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu, Bank Indonesia (BI) akan tetap menerapkan kebijakan moneter yang longgar. Menurut Deputy Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti hal itu diharapkan dapat mendorong laju investasi dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

"Beberapa waktu lalu sudah diturunkan GWM (Giro Wajib Minimum) Rupiah dan juga suku bunga. Nampaknya kita lihat easing monetary policy dalam jangka panjang. Kita butuh stimilus untuk pertumbuhan ekonomi ke depan dengan mendorong investasi" kata Destry usai dilantik menjadi DGS BI di Gedung Mahkamah Konstitusi (MA), Jakarta Pusat, Rabu (7/8).

Easy Monetary Policy yang dimaksud adalah kebijakan moneter nonkonvensional yang dipakai bank sentral untuk mencegah penurunan suplai uang ketika kebijakan moneter standar mulai tidak efektif.

Lebih jauh Destry mengungkapkan, secara umum  kondisi perekonomian Indonesia masih terbilang positif. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang berada di angka 5% serta inflasi selama 4 tahun terakhir yang masih stabil di kisaran 3%.

Namun, dia menyoroti masih melambatnya ekspor Indonesia. Hal itu, katanya, salah satunya akibat perang dagang. "Ke depan kami berharap BI bersama-sama pemerintah bisa lebih meningkatkan diversifikasi daya ekspor tersebut dan meningkatkan pertumbuhan di pasar-pasar konvensional," jelasnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, untuk menerabas tantangan perekonomian yang ada saat ini BI akan terus menerapkan kebijakan moneter dan makroprudensial yang akomodatif guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, bank sentral juga akan meningkatkan koordinasi dengan lembaga lain seperti OJK, pemerintah, serta lembaga-lembaga terkait guna menciptakan efektivitas dalam bauran kebijakan ekonomi.

"Saya pribadi punya komitmen yang kuat untuk meningkatkan koordinasi dari satu lembaga ke lembaga lainnya," tutup Destry. (A-2)

Baca Juga

DOK MANDIRI SYARIAH

BI Dorong Penggunaan Wakaf Lintas Negara untuk Bangun Ekonomi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:29 WIB
Bank Indonesia (BI) menilai, wakaf yang tertata dengan baik dan didukung oleh teknologi diharapkan dapat mendorong mobilisasi dana...
Dok Kementan

PUPR Pastikan Irigasi di Food Estate Kalteng Mengalir Baik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:16 WIB
Pengembangan food estate di Kalteng untuk tanaman padi di lahan aluvial seluas 165.000 hektare (Ha) yang merupakan lahan eks-Pengembangan...
Ist/Kementan

Kementan Apresiasi Ekspor Perdana Telur Tetas oleh CJ PIA

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:03 WIB
Ekspor yang dilakukan PT CJ PIA ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan ekspor komoditas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya