Rabu 07 Agustus 2019, 11:26 WIB

Kereta Cepat Jakarta - Bandung Siap Beroperasi pada 2021

Faustinus Nua | Nusantara
Kereta Cepat Jakarta - Bandung Siap Beroperasi pada 2021

Antara/Raisan Al Farisi
Pekerja melintas di antara proyek pembangunan lintasan kereta cepat Jakarta-Bandung di Cibeber, Cimahi, Jawa Barat.

 
Proyek kereta cepat dengan rute Jakarta-Bandung akan mulai beroperasi pada 2021. Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika), Ir. Tumiyana, MBA. dalam acara Ngobrol Pagi (Ngopi) BUMN di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (7/8).

"Target selesai kerta cepat ini pada medio 2021 akan mulai trial operasi selama tiga sampai dengan empat bulan setelah itu akan dioperasi secara normal," kata Tumiyana.

Hingga saat ini proses pembangunan jalur kereta cepat telah mencapai 28% dan sisa pembebasan tanah sekitar 2,7%. Tumiyana menjelaskan target akhir 2019 akan berkisar di kisaran 49% sampai 50%.

Dengan pencapaian dan target tersebut, Wika optimistis kereta cepat Jakarta-Bandung akan siap beroperasi pada 2021.

Proyek dengan total investasi Rp80 triliun tersebut memiliki lintasan sepanjang 142 km dengan empat tasiun pemberhentian yang menjadi transit-oriented development (TOD) yakni di Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

"Masing-masing TOD ini akan terdapat empat kota baru sepanjang kereta cepat ini dan salah satu yang terbesar adalah Walini," jelas Tumiyana. Dengan pembangunan properti di empat stasiun itersebut, revenue forcase bisa mencapai sekitar Rp280 triliun.

Adapun laba yang diperkirakan akan mencapai angka Rp78 triliun untuk properti di empat stasiun dan Rp68 trilun untuk kereta cepat itu sendiri atau dari pamasukan tikecting.

Pihak Wika optimistis dengan proyek modern tersebut. "Kira-kira labanya itu bergerak antara 21% hingga 30 % Sehingga orang nanya bisa balik gak sih investasi dari kereta cepat itu, lebih dari bisa balik ", pungkasnya.

Kereta cepat Jakarta - Bandung yang sedang dalam proses pembangunan jalur merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara. Kecepatan kereta itu sendiri didesain hingga 420 km per jam dan kecepatan operasional 350 km per jam. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More