Selasa 06 Agustus 2019, 22:58 WIB

Mbah Moen Sosok penghubung Budaya Arab dan Budaya Indonesia

Rifaldi Putra irianto | Politik dan Hukum
Mbah Moen Sosok penghubung Budaya Arab dan Budaya Indonesia

Antara/Hanni Sofia
Momen saat jenazah KH Maimon Zubair akan dimakamkan di Arab Saudi

 

REKTOR Universitas Islam Internasional Indonesia Komarudin Hidayat merasa kehilangan sosok KH Maimun Zubair, menurutnya Mbah Moen merupakan sosok yang dapat menghubungkan budaya Arab dengan budaya Indonesia

"Dia itu bisa menghubungkan antara budaya Arab, dengan budaya Indonesia dan Jawa, sehingga walaupun lama di timur tengah tapi dia akrab dengan budaya jawa tidak menonjolkan budaya arabnya, " kata Komarudin, dalam sambungan telepon, Jakarta, Selasa, (6/8).

Ia juga mengatakan, sosok Mbah Moen merupakan tokoh bangsa yang memiliki ilmu keislaman yang sangat luas dan dalam.

"Mbah Moen itu, sebagai kiai yang paling sepuh dijawa, dan termasuk sangat alim. Jadi tidak hanya tua usianya tetapi juga dalam dan luas ilmunya, " sebutnya.

Baca juga : Rizieq Shihab Pimpin Doa di Pemakaman Mbah Moen

Menurutnya, lewat ilmu keislaman yang dimilikinya, Mbah Moen mampu berkontribusi mengayomi masyarakat lintas golongan lewat ilmu-ilmunya.

"Kontribusinya adalah ia memberikan keislaman yang kebangsaan dan kenegaraan, ilmunya sangat luas, sehingga orang-orang merasa diayomi oleh beliau, " ucapnya.

Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah itu juga menyebutkan, Mbah Moen merupakan sosok yang sangat mendukung tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta berkomitment, dengan kebangsaan Indonesia.

Sebelumnya, Mbah Moen yang merupakan kiai kharismatis NU meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji. Jenazahnya telah dimakamkan di pemakaman Al Ma'la, Mekkah, Arab Saudi.

Jenazah Mbah Moen dimakamkan Selasa (6/8/2019) sekitar pukul 12.45 waktu Saudi. Pelayat laki-laki ramai-ramai mengantar Mbah Moen ke peristirahatan terakhirnya, sementara yang perempuan menunggu di luar area pemakaman. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More