Rabu 07 Agustus 2019, 05:00 WIB

Pembalap Timnas tidak sekadar Ikut Serta di TdI

mediaindonesia | Olahraga
 Pembalap Timnas tidak sekadar Ikut Serta di TdI

ANTARA/Bayu Kuncahyo
anajer timnas balap sepeda untuk Tour d'Indonesia 2019, Oldy Sofyan Ali.

TIMNAS Indonesia bakal menjadi satu dari 20 peserta kejuaraan balap sepeda Tour d' Indonesia (TdI) 2019 yang akan digelar pada 19-23 Agustus. Di ajang balap sepeda dengan rute Jawa Tengah-Bali itu timnas tidak ingin sekadar jadi partisipan. Mereka menyatakan telah mempersiapkan segalanya dengan matang untuk bisa menjadi juara.

Meski demikian, manajer timnas Indonesia, Oldy Sofyan Ali, di Jakarta, kemarin, mengatakan pihaknya menyadari bahwa skuad yang disiapkan bukan yang terbaik.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pelatih soal penentuan nama pembalap serta bagaimana peluang kita untuk mengambil podium. Semuanya sudah dibicarakan," kata Oldy yang akan membeberkan secara lengkap nama pembalap timnas pada Sabtu (10/8).

Lebih lanjut, Oldy menjelaskan, demi meraih hasil maksimal, pihaknya bersama dengan pelatih kepala timnas Dadang Harries Purnomo telah memetakan di mana pembalap timnas Indonesia harus bekerja maksimal untuk mengejar podium. Salah satu pembalap yang diharapkan meraih hasil maksimal ialah Projo Waseso.

"Memang benar. Dia seorang sprinter. Jadi kami sudah memetakan peluang di etape mana yang bisa diambil, terutama yang finis datar," Oldy menambahkan.

TdI tahun ini akan menempuh rute sepanjang 825,2 kilometer, yang terbagi dalam lima etape. Etape pertama dimulai dari Candi Borobudur menuju Ngawi, berikutnya dari Madiun menuju Batu, dari Batu menuju Jember. Lalu dari Jember menuju Banyuwani dan dari Gilimanuk menuju Bangli, Bali.

Pembalap Indonesia yang memperkuat PGN Road Cycling Team, Aiman Cahyadi, mengatakan TdI tahun ini memiliki trek yang lebih menantang. Hal itu karena ada perpaduan antara trek dan tanjakan yang tinggi maupun lintasan datar yang cukup panjang.

"Untuk tahun ini lebih mantap. Semoga hasilnya lebih baik daripada tahun kemarin," kata dia.

Tahun ini, Aiman dipastikan mendapat tantangan dari pesaing yang berasal dari dalam dan luar negeri. Untuk rekan senegaranya ada nama Jamalidin Novardianto dan Jamal Hibatulloh. Selain itu, Abdul Gani dari KFC Cycling Indonesia.

Adapun dari luar negeri, salah satunya ialah sang juara bertahan Ariya Phounsavath dari Thailand Continental Cycling Team yang sudah memastikan diri untuk kembali ikut serta. (Ant/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More