Selasa 06 Agustus 2019, 20:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

ANTARA
Pembangunan infrastruktur

 

DEPUTI I Kepala Staf Kepresidenan Darmawan Prasodjo mengungkapkan, sejak awal pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memikirkan bagaimana caranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya yang kini tengah dilakukan yakni dengan membangun infrastruktur secara besar-besaran.

"Sejak awal pemerintahan, Presiden Joko Widodo sudah berpikir bagaimana bisa menyejahterakan rakyat, memberikan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan produktivitas masyarakat," ujar Darmawan dalam forum diskusi bersama IndoSterling Group dan MetroTV di Jakarta, Selasa (6/8).

Dia mencontohkan, seperti yang terjadi di Papua. Trans Papua, kata dia, dihubungkan untuk menyediakan pelayanan dasar bagi masyarakat seperti akses layanan kesehatan dan pendidikan yang belum berjalan dengan baik.

Selain itu, pembangunan tol seperti Trans Sumatera juga memiliki banyak fungsi seperti mengurangi kemacetan, mengurangi jarak tempuh, hingga membuka akses daerah yang tadinya terisolasi.

"Yang paling penting adalah jalan tol bukan hanya mengurangi waktu tempuh, dan bea logistik, tapi juga meningkatkan pariwisata," tuturnya.

Darmawan mengungkapkan, manfaat dari pembangunan ini memang tidak dapat dirasakan secara instan. Dibutuhkan waktu dan perubahan kultur agar masyarakat benar-benar menyadari dampak dari pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilakukan.

Dia mengakui, pembangunan yang dilakukan di pulau-pulau saat ini mulai berbuah manis dengan mampu mengubah cara pandang dan cara kerja masyarakat, hingga menggerakkan perekonomian kerakyatan.

"Dari pembangunan infrastruktur akan kelihatan investasi baru, perumahan baru. Perlu adanya perubahan kultur menjadi ekonomi yang berbasis pada konektivitas," jelasnya.

Darmawan menambahkan, kordinasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi salah satu kunci agar pembangunan berjalan baik.

"Tanpa adanya kordinasi, rasa-rasanya tidak akan mempengaruhi ekonomi kerakyatan, bahkan bisa menimbulkan dampak negatif," tutupnya. (A-2)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kebijakan New Normal Dongkrak Kesejahteraan Petani Kembali

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:25 WIB
Faktor yang memengaruhi petani yakni harga produk pertanian mengalami tekanan diakibatkan oleh panen raya musim tanam...
DOK KEMENTAN

Di Masa Pandemi, Produksi dan Distribusi Pertanian Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:18 WIB
Diperkirakan stok beras akhir Juni 2020 adalah 6,84 juta...
DOK KEMENTAN

Program Kementan Dinilai Efektif, Ekspor Pertanian Terus Tumbuh

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:03 WIB
Terjadinya ekspor karena produksi pangan surplus sehingga tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun juga pangan petani Indonesia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya