Selasa 06 Agustus 2019, 19:26 WIB

Wapres Sebut Rektor Asing Percepat Kualitas Kampus

Emir Chairullah | Humaniora
Wapres Sebut Rektor Asing Percepat Kualitas Kampus

MI/Ramdani
Wapres Jusuf Kalla

 

WAKIL Presiden Jusuf Kalla menilai rencana mendatangkan rektor asing untuk memercepat peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia. "Jadi perlu ada langkah cepat dan terobosan," kata Kalla di Kantor Wapres, Selasa (6/8)

Kalla menyebutkan, sebenarnya pemerintah bisa menggunakan opsi meningkatkan mutu rektor dalam negeri agar kualitas perguruan tinggi meningkat. Namun hal tersebut dirasakan terlalu memakan waktu. "Pasti itu yang terbaik, tapi kenyataannya juga masih lambat," ungkapnya.

Baca juga: Cerita JK saat Lampu Padam: Saya Cari Menteri Saja Nggak Bisa

Pemerintah tengah menjajaki kemungkinan perekrutan rektor dan dosen asing untuk memperbaiki mutu pendidikan dan mempercepat kenaikan peringkat perguruan tinggi. Saat ini pemerintah sedang mengkaji aturan dan sistemnya.

Kalla meyakini pemerintah dan kampus mampu menyediakan anggaran untuk membayar gaji rektor dari luar negeri tersebut. Apalagi pemerintah tahun depan menganggarkan Rp550 triliun untuk sektor pendidikan. "Masa gaji begitu tidak bisa dibayar dengan anggaran sebesar itu. Walau pendidikan bukan hanya universitas, tapi artinya, kita bisa," tegasnya.

Kalla menyarankan, rencana mendatangkan rektor asing melalui tahapan terlebih dulu agar kampus lokal tidak kaget. "(Ini bisa) melalui tahapan sehingga universitas tidak shock, rektornya juga tidak shock. (Bisa) dimulai dari penasihat teknis dan dekan. Baru kalau dimajukan, jadi rektor," paparnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More