Selasa 06 Agustus 2019, 17:55 WIB

Penting, Calon Rektor Asing Harus Bereputasi Dunia

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Penting, Calon Rektor Asing Harus Bereputasi Dunia

Medcom.id
Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah

 

ANGGOTA Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengkritisi rencana pemerintah yang ingin mengimpor tenaga asing sebagai rektor di universitas-universitas di Indonesia. Menurut dia, rencana itu harus memiliki kriteria yang jelas, misalnya calon rektor itu harus mempunyai kompetensi internasional yang diakui dunia.

“Kompetensi yang dimiliki rektor asing harus diakui dunia internasional dan memiliki komitmen tinggi untuk pengembangan perguruan tinggi Indonesia,” kata Ferdiansyah kepada wartawan di Jakarta, Selasa ( 6/8).

Ia berpandangan urgensi mendatangkan rektor asing harus jelas. Menurutnya, sejumlah syarat harus dipenuhi rektor asing itu.

“Selain bereputasi dunia , syarat berikutnya calon rektor asing itu harus memberi manfaat bagi dunia pendidikan. Juga ada batas waktu dan target yang ingin dicapai."

"Mesti ada batas waktu, jangan lebih dari 5 tahun memegang jabatan rektor di Indonesia. Pemerintah juga harus membuat sasaran yang ingin dicapai serta melakukan pemantauan atau evaluasi terus menerus," imbuhnya.

Di samping itu, lanjut dia, calon rektor itu juga mesti lolos pula dari penelitian Badan Intelejen Nasional (BIN) dan Polri terkait latar belakang dan integritas, sehingga tidak merugikan Indonesia di kemudian hari.

Syarat lain yang tidak kalah penting, kata dia adalah, jika anggaran rektor asing itu menggunakan APBN mesti didiskusikan dengan DPR RI. Dia mengungkapkan Kemenrsitek Dikti belum membahas secara khusus rencana impor rektor.

“Jika Kemenristek Dikti serius mendatangkan rektor asing, mereka harus proaktif datang ke kami, karena itu menggunakan APBN," pungkasnya. (Bay/A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More