Selasa 06 Agustus 2019, 15:34 WIB

Orangtua Harus Buat Anak tak Panik Saat Gempa

Eni Kartinah | Humaniora
Orangtua Harus Buat Anak tak Panik Saat Gempa

Mi/Eni Kartinah
Konselor dan pemerhati anak, Muhammad Agus Syafii, memberi penjelasan seputar gempa kepada anak-anak.

 

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Banten dan sekitarnya pada Jumat (2/8) pukul 19.03.21 WIB membuat masyarakat panik. Dengan goncangan yang mendadak, gempa membuat anak-anak merasa takut, trauma, dan bisa mengganggu aktivitas mereka.

Saat gempa terjadi, orangtua harus bisa mengupayakan untuk mengurangi ketakutan pada anak-anak. Konselor dan pemerhati anak, Muhammad Agus Syafii menyarankan yang terbaik bagi orangtua lakukan adalah membantu anak mengatasi rasa takutnya untuk membuatnya merasa aman dan terlindungi.

"Caranya pertama kali, saat mereka ketakutan, orangtua bisa memeluknya. Setelah itu, jelaskan bahwa gempa bumi yang terjadi ini bukanlah hal yang perlu ditakutkan, karena ini merupakan anugerah untik mendekatkan diri kepada Tuhan," ujar lelaki yang juga pendiri Rumah Amalia sebagai rumah belajar bagi anak yatim dan duafa di Jakarta, Selasa (6/8).

"Anak kan bergantung sama orangtua, penjelasan ini akan mengurangi kondisi tekanan yang sifatnya traumatik," kata Agus.

Selain itu, lanjut lelaki yang akrab disapa Kak Agus tesrebut, sebaiknya diajarkan anak dengan konsep visual terapi dengan cara menggambar, mengenali lingkungan tempatnya tinggal, mengenali identitas dirinya sendiri, hingga mendorong mereka memiliki konsep hidup.

Dengan konsep visula tersebut, anak-anak bisa mengerti akar permasalahan yang sedang mereka hadapi. Jadi, lanjut dia, saat mengalami satu masalah yang tiba-tiba, anak akan siap dan bisa mengontrol perasaan takut atau khawatirnya termasuk jika ada kejadian gempa bumi tersebut.

"Anak-anak selama mereka diajak mengenali lingkungan dan diri mereka sendiri, mereka tidak menganggap itu sesuatu yang harus dicemaskan. Mereka akan lebih siap menghadapi itu. Apapun yang rerjadi, mereka jadi lebih bisa mensyukuri hidup," tutup dia.(OL-09)

Baca Juga

ANTARA/M Agung Rajasa

1.020 Orang Terdaftar Jadi Relawan Vaksin Covid-19

👤Nur Azizah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:31 WIB
Pendaftaran relawan vaksin covid-19 akan dibuka hingga akhir Agustus...
DOK MI

Pengusaha Dukung Insentif Pegawai Bergaji Kurang dari Rp5 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:25 WIB
Bantuan gaji tambahan bagi pekerja tersebut diharapkan bisa mendorong konsumsi masyarakat. Dengan demikian, kata Anta, perekonomian bisa...
Medcom

YLKI Tuding Pejabat Publik Picu Munculnya Obat Covid-19 Abal-Abal

👤Kautsar Bobi 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:14 WIB
Saat ini, obat-obat herbal yang diklaim dapat membunuh virus korona telah memenuhi lini media...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya