Selasa 06 Agustus 2019, 14:44 WIB

20 Perkara Gugatan Pileg 2019 tidak Dikabulkan MK

Putra Ananda | Politik dan Hukum
20 Perkara Gugatan Pileg 2019 tidak Dikabulkan MK

MI/SUSANTO
Majelis hakim yang dipimpin Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman (tengah) di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta.

 

MAHKAMAH Konstitusi (MK) menggelar pembacaan putusan sengketa Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 hari ini. Panel pertama, yakni membacakan putusan untuk 20 putusan gugatan. Dari 20 putusan perkara yang dibacakan tersebut, tidak ada satupun permohonan yang dikabulkan oleh MK. Adapun, total sebanyak 67 putusan yang akan dibacakan oleh MK hari ini.

"Mengadili, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua Majelis Hakim Konstitusi, Anwar Usman, saat membacakan salah satu amar putusan perkara No. 82-03-28/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2018 yang diajukan PDIP, di Gedung MK, Jakarta , Selasa (6/8).

Baca juga: DPR RI Dorong Penyelesaian RUU tentang Data Pribadi

Pertimbangan MK menolak ke-20 perkara tersebut bervariasi, seperti dalil tidak beralasan menurut hukum sehingga permohonan ditolak maupun tidak memenuhi syarat formal sehingga permohonan dinyatakan tidak dapat diterima. Selain itu, MK juga menilai ada beberapa permohonan yang dianggap tidak serius diajukan karena pemohon sama sekali tidak pernah menghadiri persidangan.

"Pemohon atau kuasanya tidak hadir tanpa alasan yang sah, meskipun pemohon dipanggil secara sah dan patut melalui surat panitera. Maka menurut MK pemohon tidak sungguh-sungguh dan tidak berkehendak mengajukan perkara, dan untuk itu dinyatakan gugur," tutur Anwar.

Adapun ke 20 perkara yang sudah diputus oleh MK tersebut antara lain berasal dari 3 provinsi yaitu Sulawesi Barat (Sulbar), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Riau. Adapun permohonan diajukan oleh Partai NasDem, Gerindra, PDI-P, Golkar, Hanura, Garuda, PAN, PBB, PKB dan Partai Berkarya.

Sidang pembacaan putusan ini berlangsung di ruang sidang utama lantai 2 Gedung MK. Secara teknis, pembacaan putusan dibagi menjadi 3 tahap yaitu pukul 08.00 WIB yang sudah tuntas dilakukan sebanyak 20 putusan. Tersisa 47 putusan yang akan dibacakan bertahap 26 putusan pukul 13.00 WIB dan 21 putusan pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Kerja Sama HAM Kerap Dikalahkan

Pada hari kedua esok, MK akan melanjutkan membacakan putusan untuk 72 perkara sengketa Pileg 2019. Kemudian 41 dan 39 perkara masing-masing pada hari ketiga dan keempat.

Sebelumnya, MK telah merampungkan pembacaan putusan sela terkait gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019. Total, dari 260 perkara, MK hanya melanjutkan 122 perkara yang maju ke tahapan sidang berikutnya. (OL-6)

Baca Juga

Juni Kriswanto / AFP

Kisah Penyintas Korona yang Malah Dikucilkan Warga

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 17:01 WIB
Sebagai penyintas covid-19, Aryo mulai menerima persekusi dari masyarakat sehingga membuatnya harus menghadapi tekanan mental dan...
Dok.MI

Komnas HAM Kecam Aksi Teror dan Intimidasi pada Diskusi UGM

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 16:05 WIB
Komnas HAM menegaskan, mengecam seluruh bentuk tindakan teror, intimidasi, ancaman kekerasan dimanapun dan kapanpun serta bersolidaritas...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Polisi Langsung Proses Hukum Eks Prajurit TNI Ruslan Buton

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 15:52 WIB
Usai diberangkatkan dengan pesawat khusus Polri pada Jumat, (29/5), rencananya Polri akan langsung memproses lebih lanjut Ruslan oleh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya