Sabtu 03 Agustus 2019, 18:10 WIB

BMKG Pastikan Ancaman Gempa Megathrust Nyata

Dhika kusuma winata | Humaniora
BMKG Pastikan Ancaman Gempa Megathrust Nyata

MI/Adam Dwi
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Rahmat Triyono

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan ancaman gempa besar yang tersimpan di zona gempa megathrust yang memanjang di lepas pantai bagian barat Sumatra dan selatan Jawa.

BMKG menyatakan energi yang tersimpan pada zona tersebut bisa memicu gempa berkekuatan besar dan potensial menyebabkan tsunami. Namun, kapan energi tersebut akan terlepas belum bisa dipastikan.

"Ancaman megathrust memang ancaman nyata tapi hingga saat ini belum ada teknologi apapun yang bisa memprediksi kapan terjadinya. Jadi, masyarakat yang berada di sepanjang jalur tersebut untuk terus waspada dan membangun kesiapsiagaan," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Rahmat Triyono di Jakarta, Sabtu (3/8).

Baca juga: Waspadai Gempa Berskala Besar

Rahmat menyebut zona megathrust berjarak 200-250 km di laut lepas. Tidak hanya di bagian barat Sumatra dan Selat Sunda, zona itu juga merambat hingga ke Bali dan utara Papua yang terdapat lempeng Indo-Australia.

"Jika kekuatannya besar dan sumber gempanya dangkal, tentu bisa memungkinkan terjadinya tsunami. Tapi memang tidak bisa diprediksi dan kita harus bijaksana memahami potensi bencana," katanya.

Ia mengungkapkan itu juga sehubungan dengan berkembangnya kabar viral di media sosial bahwa akan terjadi gempa besar pascgempa Banten berkekuatan magnitudo 6,9. Isu yang berkembang tersebut, ujarnya, lebih condong pada pseudosains yang cenderung menyesatkan karena mengklaim bisa memperkirakan kapan terjadinya gempa.

"Peristiwa gempa bumi hingga saat ini belum dapat diprediksi oleh siapapun, kapan, di mana. Teori yang berkembang saat ini baru dapat menjelaskan sebuah gempa utama dapat membangkitkan atau memicu aftershocks dan masih sulit untuk memperkirakan gempa besar rentetannya," ujarnya. (Dhk/A-3)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Anak Muda sebagai Ujung Tombak Penjaga Lingkungan

👤MI 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 02:10 WIB
KELESTARIAN lingkungan hidup ialah tanggung jawab bersama, tak terkecuali anak...
Dok. Pribadi

Kampanye Lingkungan melalui Fesyen

👤Bagus Pradana 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 01:45 WIB
SELALU ada hikmah di balik musibah. Begitu kata orang, apa lagi bagi mereka yang selalu berpandangan...
Antara/Ampelsa

Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Ini Potensi Penyebabnya

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 23:59 WIB
Diantaranya penanganan yang terlambat, penderita penyakit tidak menular hingga kesediaan fasilitas...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya