Jumat 02 Agustus 2019, 13:50 WIB

KPU akan Gelar Bimtek NPHD Bersama KPUD

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
KPU akan Gelar Bimtek NPHD Bersama KPUD

MI/MOHAMAD IRFAN
Komisioner KPU Ilham Saputra

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) berencana mengumpulkan KPU-KPU daerah untuk melakukan bimbingan teknis (bimtek) terkait penganggaran Pilkada atau Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

"Di pertengahan minggu Agustus ini, kita kumpulkan semua daerah yang menyelenggarakan pilkada untuk bimtek bagaimana soal pengisian NPHD itu," ungkap Komisioner KPU Ilham Saputra di Jakarta, Jumat (2/8).

NPHD merupakan naskah perjanjian hibah yang bersumber dari APBD antara pemberi hibah yakni pemerintah daerah dengan penerima hibah yaitu KPU Provinsi dan atau KPU Kabupaten/kota. Penyusunan dan Penandatanganan NPHD dilakukan kedua pihak tersebut.

Kemudian, NPHD paling sedikit memuat ketentuan mengenai,pemberi dan penerima hibah, lalu tujuan pemberian hibah, besaran dan rincian penggunaan hibah kegiatan pemilihan, hak dan kewajiban dan tata cara penyaluran Hibah.

Baca juga: KPU Dorong Penerbitan Regulasi Eks Koruptor Maju di Pilkada

NPHD dilampiri pakta integritas dari penerima hibah yang menyatakan bahwa hibah yang diterima akan digunakan sesuai dengan NPHD.

Penyelenggaraan Pilkada 2020 untuk Pemilihan Gubernur dilakukan di 9 Provinsi. Sedangkan untuk tingkat kabupaten disebut ada 224 wilayah dan untuk tingkat kota akan berlangsung di 37 kota pada 32 provinsi. Adapun tanggal pencoblosan Pilkada 2020 ialah 23 September.

"Sepertinya bimtek NPHD diadakan di Solo atau di tempat lain. Kita lihat nanti," tandas Ilham. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More