Jumat 02 Agustus 2019, 16:15 WIB

Disinggung Klopp Soal Belanja Pemain, Manchester City Sewot

Cahya Mulyana | Sepak Bola
Disinggung Klopp Soal Belanja Pemain, Manchester City Sewot

AFP/FABRICE COFFRINI
Pelatih Liverpool Juergen Klopp

 

PELATIH Liverpool Juergen Klopp melancarkan perang urat syaraf jelang duel melawan Manchester City di ajang Community Shield, di Wembley, Inggris, Minggu (4/8). Klopp meminta manajemen the Reds untuk menggelontorkan anggaran belanja pemain sebesar 200-300 juta pound sterling seperti yang dilakukan Barcelona, Real Madrid, serta City.

Sontak perkataan yang menilai juara Liga Primer Inggris musim lalu itu unggul karena uang menyita perhatian, termasuk dari pihak Manchester City yang keberatan dan menilai pernyataan Klopp itu berlebihan.

Walaupun Klopp bermaksud mengeluh soal ketatnya ketentuan pengeluaran yang diterapkan manajemen Liverpool, City, selaku pihak yang disebut dalam pernyataannya, tidak ingin menjadi pembanding. Sebab, budget belanja klub yang dimiliki pengusaha yang juga anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan tidak sebanyak yang diungkapkan Klopp.

Chief operating officer City Omar Berrada mengatakan Stadion Etihad gempar dengan pernyataan Klopp yang juga menyatakan City masuk dalam klub yang berada di dunia fantasi karena memiliki uang belanja tidak terhingga. Meski Liverpool merupakan rival, seharusnya mereka tidak menyandarkan pernyataan pada bukti yang cukup.

Baca juga: Juergen Klopp: Dominasi Nomine Penghargaan FIFA

"Kami sedikit terkejut dengan apa yang dikatakannya. Liverpool adalah saingan yang hebat.Saya tidak tahu mengapa mereka akan membuat komentar ini. Saya tidak tahu mengapa mereka melihat klub lain," ungkapnya dilansir dari The Sun, Jumat (2/8).

Ia mengatakan City tidak marah dengan pernyataan yang dilontarkan Klopp namun tidak habis pikir kenapa harus melirik dapur tim lain. Sewajarnya Liverpool mengevaluasi dengan cara melihat dari perjalanan klub terdahulu supaya relevan, bukan melihat klub lain.

“Kami baik-baik saja dengan pengeluaran mereka. Kenyataannya adalah bahwa semua klub papan atas berinvestasi sesuai keinginan mereka. Mengatakan kami, PSG, Real Madrid, dan Barcelona selalu berinvestasi 200 juta pound sterling tidak benar. Kami tidak melihat apa yang dilakukan orang lain," tegasnya.

Pengeluaran City telah menyusut dalam beberapa tahun terakhir dan pada musim panas ini hanya menghabiskan kurang dari 70 juta pound sterling untuk mendapatkan Rodri dan Angelino dari Atletico Madrid serta PSV.

Para petinggi City memiliki strategi transfer yang jelas untuk beberapa tahun mendatang dan setelah menghabiskan banyak uang di beberapa musim sebelumnya.

Walaupun pada kesempatan transfer pemain kali ini Liverpool belum mengeluarkan uang, musim lalu, Klopp menghabiskan dana sebesar 140 juta pound sterling.

Klopp memecahkan biaya transfer rekor dunia untuk seorang pemain bertahan senilai 75 juta pound sterling untuk Virgil van Dijk pada Januari 2018 dan 67 juta pound sterling untuk Alisson Becker.

Kemudian jika dibandingkan pengeluaran kedua klub sejak musim lalu, Liverpool lebih banyak dengan total 178 juta pound sterling sedangkan City hanya 149 juta pound sterling. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More