Kamis 01 Agustus 2019, 08:30 WIB

AS Klaim Tewaskan Putra bin Laden

Basuki Eka Purnama | Internasional
AS Klaim Tewaskan Putra bin Laden

AFP/Handout/FEDERATION FOR DEFENSE OF DEMOCRACIES
Hamza bin Laden

 

PUTRA Osama bin Laden, Hamza, yang mengambil alih posisi ayahnya sebagai pemimpin Al-Qaeda telah tewas. Hal itu dilansir sejumlah media massa Amerika Serikat (AS), Rabu (31/7), berdasarkan informasi dari pejabat 'Negeri Paman Sam' itu.

NBC News mengatakan tiga pejabat AS telah mengonfirmasi informasi terkait tewasnya Hanza bin Laden namun tidak mengungkapkan dimana dan kapan tewasnya pemimpin Al-Qaeda itu.

The New York Times mengutip dua pejabat AS yang mengatakan Hamza bin Laden telah tewas selama dua tahun terakhir dalam operasi yang dilakukan AS.

Adapun Presiden Donald Trump ketika dimintai konfirmasi mengenai tewasnya Hamza bin Laden tidak membenarkan atau membantah informasi tersebut.

"Saya tidak mau mengomentari hal itu," kata Trump.

Baca juga: Separuh Pemilih AS Nilai Trump Rasis

Kedua laporan itu mentakan Bin Laden kemungkinan telah tewas sebelum Departemen Luar Negeri AS menawarkan hadiah sebesar US$1 juta untuk pemimpin Al-Qaeda itu pada Februari 2019.

"Anak ke-15 dari 20 anak Osama bin Laden itu diperkirakan berusia 30 tahun dan merupakan pemimpin Al-Qaeda," ujar Departemen Luar Negeri AS.

"Kerap dijuluki sebagai putra mahkota jihad, dia kerap mengirimkan pesan audio dan video menyerukan aksi penyerangan terhadap AS atau negara lain terutama sebagai balas dendam atas aksi militer AS yang menewaskan ayahnya di Pakistan pada Mei 2011," imbuh departemen itu.

Al-Qaeda, yang dituding AS mengotaki serangan 11 September 2001, meredup popularitasnya karena kalah dari kelompok Islamic State (IS). (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More