Rabu 31 Juli 2019, 15:45 WIB

Selangkah Lagi, Dua Pelaku UKM Pakaian Jadi Tembus Ekspor

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Selangkah Lagi, Dua Pelaku UKM Pakaian Jadi Tembus Ekspor

Dok Humas Kemendag
Suasana kerja di pabrik pakaian jadi

 

DUA pelalu usaha kecil dan menengah (UKM) yang fokus pada produksi pakaian jadi, CV Tiga Selaras dan Bule-Bule Garment, selangkah lagi akan mampu mengakses pasar internasional.

Dua badan usaha itu kini tengah melakukan negosiasi dengan calon pembeli dari Kanada dan diharapkan kontrak dagang akan segera dilaksanakan.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan mengungkapkan dua perusahaan tersebut merupakan binaan program Indonesia-Canada Trade and Private Sector Assistance (TPSA).

"Mereka telah diberikan berbagai strategi untuk mengembangkan manajemen, efisiensi produksi, menjalin kemitraan dengan calon buyers serta memasarkan produk ke pasar ekspor," ujar Marolop melalui keterangan resmi, Rabu (31/7).

TPSA merupakan proyek kerja sama Indonesia-Kanada untuk meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara yang berlangsung selama 2014-2019.

Baca juga: Tren Investasi Membaik, Stabilitas Keuangan Terjaga  

Banyak pelaku usaha yang telah mendapat berbagai manfaat dari keikutsertaan program proyek TPSA seperti peningkatan kapasitas dan profesionalitas untuk bersaing di pasar internasional.

"Program pembinaan ekspor proyek TPSA dilakukan secara komprehensif kepada calon eksportir sehingga memberi banyak manfaat dalam peningkatan produksi, manajemen, strategi pemasaran dan promosi, serta motivasi. Beberapa hasilnya adalah Tiga Selaras dan Bule-bule Garment ini," tuturnya.

Ia mengatakan Kemendag akan terus menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk mendatangkan banyak tenaga ahli sehingga dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha di Tanah Air.

Marolop menambahkan, Kemendag juga mendorong para pelaku usaha yang ingin memperluas pasar ekspor untuk mengikuti kegiatan promosi dan pameran, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

"Salah satu pameran yang dapat diikuti adalah Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang akan berlangsung pada 16-20 Oktober 2019,” tandasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More