Selasa 30 Juli 2019, 19:00 WIB

Tambah Investasi, Panasonic Relokasi Produksi AC dari Malaysia

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Tambah Investasi, Panasonic Relokasi Produksi AC dari Malaysia

Dok. Panasonic Gobel Indonesia
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menandatangani produksi 5 juta set AC Panasonic

 

KOMITMEN untuk mendukung sektor industri di Indonesia diwujudkan oleh PT> Panasonic Manufacturing Indonesia dengan merelokasi produksi AC kapasitas 2.0 PK dan 2,5 PK dari Malaysia ke Indonesia.

Produksi perdana AC kapasitas besar itu, juga bertepatan dengan pencapaian produksi AC ke-5 juta set di fasilitas manufaktur Panasonic yang ada di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur.

Lewat relokasi tersebut, Panasonic-Gobel kini terus meningkartkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam produksi AC yang kini mencapai 40%.

Relokasi tersebut juga sekaligus akan mengurangi impor produk serupa senilai Rp300 Miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengapresiasi langkah yang dilakukan Panasonic dalam merelokasi produksi AC ke Indonesia. Hal itu menunjukkan Indonesia merupakan basis produksi yang strategis bagi pengembangan bisnis Panasonic secara global”

"Pemerintah saat ini sangat serius dalam hal pengelolaan dan perbaikan iklim usaha industri. Berbagai kebijakan untuk mendukung hal tersebut sudah dikeluarkan. Saya berpendapat, tentunya tidak ada lagi keraguan untuk terus melakukan investasi dan perluasan industri di Indonesia," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (30/7).

Baca juga : Dukung Perubahan Gaya Hidup, Panasonic Kenalkan 2 Teknologi Baru

Direkttur Unit Bisnis AC Panasonic Jepang Yoshiaki Sawada juga ikut mengapresiasi kinerja PT. PMI yang telah mampu memproduksi 5 juta set AC di Indonesia.

"Keberhasilan PT PMI untuk mencapai produksi AC ke 5,000,000 set adalah keberhasilannya dalam terus menjaga dan meningkatkan kualitas AC Panasonic sehingga mendapatkan penghargaan tinggi dari masyarakat," katanya.

Presiden Komisaris Panasonic Manufacturing Indonesia Rachmat Gobel mengatakan, ekspansi produksi AC Panasonic di Indonesia juga merupakan bagian dari rangkaian 60 tahun kerja sama Panasonic Gobel

"Serta merupakan momentum bagi Panasonic Gobel di Indonesia di industri untuk memantapkan posisi Indonesia sebagai basis produksi lokal maupun ekspor artinya Indonesia tidak hanya sebagai pangsa pasar potensial," katanya.

Unit Bisnis AC PT PMI yang berdiri sejak 1974, saat ini merupakan satu-satunya pabrik AC di Indonesia dengan kemampuan memproduksi secara penuh (full manufacture) dari bahan baku hingga produk jadi.

AC Panasonic mengusung slogan Quality Air for Life yang berarti AC bukan hanya penyejuk ruangan tetapi juga harus bisa memberikan udara yang nyaman dan sehat bagi penggunanya.

Saat ini telah tersedia produk-produk AC Panasonic ramah lingkungan berbasis refrigerant R32, dan dilengkapi teknologi “nanoeX” dan “nanoe-G” yang sangat baik untuk kesehatan. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More