Selasa 30 Juli 2019, 20:23 WIB

Pesawat Militer Pakistan Jatuh di Permukiman, 18 Orang Tewas

Deri Dahuri | Internasional
Pesawat Militer Pakistan Jatuh di Permukiman, 18 Orang Tewas

AFP/Aamir Qureshi
Pesawat militer Pakistan jatuh di Desa Mora Kalu yang berada di pinggiran Kota Rawalpindi.   

 

SEBUAH pesawat militer Pakistan yang sedang latihan terbang jatuh di daerah permukiman dan sedikitnya 18 orang tewas. Sebelum jatuh pesawat militer tersebut hendak ke pangkalan militer di Rawalpindi. 

Insiden tersebut terjadi sebelum matahari terbenam pada Selasa (30/7). Saat pesawat jatuh tampak dari jatuh bola api membumbung ke udara di Desa Mora Kalu yang berada di pinggiran Kota Rawalpindi.   

Sejumlah anggota militer dan polisi dikerahkan ke daerah permukimkan lokasi jatuhnya pesawat militer. Mereka mencari puing-puing pesawat dan menyelidiki jatuhnya pesawat setelah mengevakuasi para korban.

“Kami telah membawa 18 jenazah ke rumah sakit...termasuk 13 warga sipil dan lima kru pesawat,” kata Farooq Butt, juru bicara tim penyelamat.  

Dalam kecelakaan pesawat dekat ibu kota Islamabad, beberapa anak tewas dan 12 orang. “Semua jenazah hangus dan tes DNA dibutuhkan untuk mengidentifikasi,” kata Butt.

Seorang menceritakan insiden kecelakaan kepada AFP. Dia mengatakan pesawat militer itu jatuh sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

“Saya terkejut dengan suara ledakan besar. Saya melangkah ke luar rumah dan melihat jilatan dan kami segera mendatangi lokasi,” kata Mohammad Sadiq.     

“Orang-orang berteriak. Kami mencoba menolong warga yang tertimpa pesawat tetapi api terlalu besar dan api terus menyala,” kata Sadiq yang meyaini tujuh dari satu keluarg termasuk yang tewas.

Warga lain Ghulam Khan mengaku mendenar ledakan dan suaea mengguruh dari rumahnya. Dia mengaku melihat pesawat terbakar sebelum jatuh.  

“Suaranya sangat menakutnya,” ucap Khan yang sempat pesawat di udara sebelum jatuh ke permukiman penduduk.

Sementar itu, informasi dari pihak militer bahwa pesawat yang jatuh sudah rutin melakukan latihan. Tim penyelamat dan petugas pemadam kebakaran dikerahkan dan membawa korban ke rumah terdekat.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan tekah menyampaikan bela sungkawa kepada korban dan keluarga mereka. Di Twitter-nya, Khan menulis ‘Segera cepat sembuh bagi yang mengalami luka.’  (AFP/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More