Selasa 30 Juli 2019, 19:40 WIB

Festival Florata di Labuan Bajo untuk Tingkatkan Minat Pengunjung

John Lewar | Nusantara
Festival Florata di Labuan Bajo untuk Tingkatkan Minat Pengunjung

MI/John Lewar
Parade Seni dan Budaya ini juga diikuti rombongan dari Filipina dan Timor Leste.

 

Untuk mendukung kemajuan pariwisata, ribuan peserta mengikuti Parade Festival Seni dan Budaya sedaratan Flores Lembata 2019 di Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar), NTT Selasa (30/7).

Pagelaran  promosi pameran pariwisata ini berguna untuk meningkatkan minat kunjungan ke pusat destinasi wisata ini. Festival Seni dan Budaya, Flores dan Lembata (Florata) yang di gelar di Labuan Bajo itu, turut dihadiri peserta dari Filipina dan Timor Leste.

Uniknya, ratusan peserta dari 9 kabupaten di Pulau Flores dan
Lembata yang ikut, memakai pakaian adat dan perlengkapan seni adat dari daerah masing-masing. Yakni dari Kabupaten Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat.

Adapun peserta yang hadir dalam parade Festival Florata ini yaitu peserta Festival dari Manggarai Barat, Manggarai, Nagekeo, Sikka, Flores Timur, dan Lembata. SMP dan SMA se-Labuan Bajo, OPD Lingkup Mabar, Sejumlah anggota DPRD Mabar, Intansi Vertikal, paguyuban, dan sejumlah elemen masyarakat.

Wakil Bupati Mabar Maria Geong saat acara pelepasan peserta parade Festival Florata menyampaikan terima kasih kepada panitia yang merancang kegiatan tersebut. "Sesampai di kampung ujung semua peserta akan diterima menggunakan adat Manggarai," ungkap Maria.

Maria menjelaskan dengan seni dan budaya yang ada, semuanya dapat menyatu dalam keberagaam Bhineka Tunggal Ika. Maria berharap semua panitia dapat bekerja dengan dalam dalam menyukseskan parade tersebut di pusat wisata Komodo yang mendunia.

Menurut pantauan Media Indonesia, seluruh peserta menelusuri rute sejauh 2 km di Kota Labuan Bajo dengan berjalan kaki mengenakan busana adat dan mempertunjukkan tarian di sepanjang ruas jalan kota destinasi wisata premium Labuan Bajo. (JL/OL-10)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Pakar: Penyemprotan Disinfektan Seharusnya Bukan ke Tubuh

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Sebenarnya disinfentan tidak perlu disemprotkan ke tubuh manusia, tetapi ke benda-benda yang sering digunakan bersama, misalnya gagang...
Antara

Pakar UGM: Tidak Perlu Lockdown Kampung

👤Agus Utantoro 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:55 WIB
Menurut Koordinator Tim Respons Covid-19 Universitas Gadjah Mada lockdown itu justru menjadi titik yang rawan penularan karena masyarakat...
MI/Bary

Pasar Tradisional di Denpasar Terapkan 'e-Semeton' Dukung Belanja

👤Ruta Suryana 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:10 WIB
Pasar tradisional di Denpasar yang menerapkan layanan belanja dari rumah atau online terus bertambah. Ini untuk mendukung imbauan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya