Selasa 30 Juli 2019, 20:00 WIB

KPU Siap Jalani Putusan MK Terkait Sengketa Pileg 2019

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
KPU Siap Jalani Putusan MK Terkait Sengketa Pileg 2019

ANTARA
Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) siap melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2019. Hari ini merupakan sidang terakhir pemeriksaan saksi dan ahli dari pihak pemohon, termohon dan pihak terkait.

"Intinya KPU sudah berusaha, sudah berikhtiar semaksimal mungkin. Kami yakin apa yang kami kerjakan dapat dipertanggung jawabkan. Namun, apapun keputusan Mahkamah Konstitusi, KPU akan melaksanakannya," ungkap Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari, di Gedung MK, Jakarta, Selasa (30/7).

Baca juga: Gerindra Sulit Bergabung Tanpa Persetujuan Partai Koalisi Jokowi

Lebih lanjut, Hasyim berpendapat, untuk putusan MK berupa Pemungutan Suara Ulang (PSU) sangat kecil peluangnya. Namun, apabila putusan MK menyatakan adanya penghitungan atau rekap ulang, KPU siap melaksanakan hal itu.

"Kalau perintahnya rekap ulang, rekap di tingkat apa dulu. Kita ada dokumennya. Lalu kalau penghitungan ulang berarti surat suaranya masih kita simpan di tingkat kabupaten. Lalu, kami meyakini (terkait putusan PSU), kok tidak ada ya. Semoga sih enggak ada," jelas Hasyim.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, apapun putusan MK terkait PHPU Pileg, akan menjadi bahan evaluasi KPU, baik soal kinerja KPU, administrasi pemilu dan lain-lain.

Majelis hakim telah menyidangkan 122 perkara yang dibagi dalam tiga panel selama enam hari. Setelah ini, majelis hakim MK akan melakukan rapat permusyawaratan hakim (RPH). Adapun jadwal pembacaan putusan perkara PHPU Pileg diperkirakan pada 6-9 Agustus mendatang. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More