Selasa 30 Juli 2019, 00:40 WIB

Orangtua Berperan Penting

BY/R-3 | Olahraga
Orangtua Berperan Penting

MI/BAYU ANGGORO
Suasana Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis Djarum 2019 di Bandung.

ORANGTUA memiliki peran yang sangat penting bagi anak yang ingin menjadi atlet berprestasi. Dorongan dan motivasi, terutama dalam menjaga kedisiplinan sangat diperlukan sejak usia dini.

Demikian diungkapkan mantan pebulu tangkis nasional, Liliyana Natsir, saat memantau pelaksanaan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Ajang tersebut seperti diketahui diikuti atlet berusia 11 dan 13 tahun. Hingga hari kedua, ajang seleksi menyisakan 48 peserta dari 704 peserta pada awalnya. Mereka akan kembali menjalani pertandingan hari ini untuk menentukan siapa saja yang berhak mengikuti audisi tahap akhir di Kudus, Jawa Tengah, pada November.

"Di umur segitu mereka butuh dukungan orangtua," kata Liliyana. Dia pun mencontohkan, orangtua harus memperhatikan kandungan makanan yang dikonsumsi buah hati.

Selain itu, melatih disiplin terutama dalam hal beristirahat dan pola main menjadi hal penting lainnya mengingat atlet membutuhkan stamina yang bagus. "Dulu saya merasakan ketika terjaring di asrama," sambungnya.

Terlebih, kata Liliyana yang akrab disapa Butet, di era digital saat ini anak-anak selalu dekat dengan gawainya yang dikhawatirkan justru bisa menghancurkan karier mereka.

Selanjutnya, setiap orangtua juga diminta untuk terus membuat anaknya memiliki mental yang kuat. Karena dari pengalamannya ketika masih di asrama, banyak atlet yang tidak betah."Harus fight. Dulu ada yang pernah sudah masuk (karantina), tapi kangen orangtua atau merasa capek. Rutinitas membosankan. Pagi, siang, sore, malam, gitu terus," kata Butet. (BY/R-3)

Baca Juga

AFP

Turnamen AS Terbuka Terancam Dibatalkan

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 10 April 2020, 16:04 WIB
Federasi tenis AS (USTA) merilis pernyataan yang menyarankan semua orang untuk tidak bermain tenis sampai pandemi covid-19 setidaknya mulai...
AFP

Legenda Lakers Magic Johnson Minta NBA Digelar tanpa Penonton

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 10 April 2020, 15:53 WIB
Johnson mengaku menyerahkan semuanya kepada Komisioner NBA Adam Silver untuk memastikan kompetisi akan dilanjutkan. Ia hanya mengusulkan...
ANTARA

Penggemar Emoh Nonton Laga di Stadion Tanpa Vaksin Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 11:00 WIB
Semua responden mengidentifikasikan dirinya sebagai penggemar olah raga, dan 61 persen dari mereka menyatakan tak akan ke stadion tanpa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya