Senin 29 Juli 2019, 23:00 WIB

Restatement Laporan Keuangan Garuda Langkah Terbaik

E-1 | Ekonomi
Restatement Laporan Keuangan Garuda Langkah Terbaik

Dok. MI/ATET DWI PRAMADIA
Tarko Sunaryo

 

Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Tarko Sunaryo menilai penyajian kembali laporan keuangan PT Garuda Indonesia Tbk merupakan langkah terbaik meskipun akhirnya membuat perusahaan itu mencatat kerugian Rp2,45 triliun.

"Itukan perintah dari OJK untuk melakukan penyajian kembali LK 2018 dan OJK punya memiliki wewenang untuk memberikan perintah tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis, kemarin.

Tarko menjelaskan bahwa penyajian kembali laporan keuangan yang dilakukan PT Garuda Indonesia merupakan bentuk kepatuhan perusahaan atas arahan yang diberikan pemerintah melalui OJK dan kepatuhan atas standar akuntansi yang ada. Tak ketinggalan, langkah ini juga bentuk keterbukaan informasi publik yang selalu dijunjung tinggi perusahaan.

Terpisah, praktisi akuntan publik senior dan pengamat profesi Agung Nugroho meng-apresiasi langkah Garuda.

"Kalau memang Garuda mau bikin restatement, itu bagus karena mereka masih patuh kepada otoritas keuangan dengan mau memperbaiki kesalahan laporan keuangan mereka. Ya ha-rusnya memang begitu, ya, Garuda," kata dia.

Sebelumnya, Garuda Indonesia diminta menyajikan kembali laporan keuangan tahun buku 2018. OJK juga mewajibkan auditor melakukan reissue opini yang menjadi tanggung jawab auditor. (E-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More