Senin 29 Juli 2019, 19:20 WIB

Belajar Qur’an ala Millenial

mediaindonesia.com | Teknologi
Belajar Qur’an ala Millenial

ISTIMEWA/BISAQURAN.COM
Ada alternatif belajar membaca Qur’an dari nol (belajar membaca bahasa Arab) dan belajar tafsir Qur’an secara digital.

Generasi millenial adalah salah satu generasi yang mendapat banyak privilege lebih dalam urusan fasilitas hidup. Dalam masalah transportasi misalnya, opsi kendaraan untuk berpindah tempat bagi kaum millenial jauh lebih beragam dan lebih menakjubkan dibanding generasi sebelumnya. Apalagi dibandingkan dengan generasi satu atau dua abad yang lampau.

Dalam fasilitas komunikasi juga misalnya, sangat besar kemudahan yang didapat generasi ini. Beragam alat untuk bertukar informasi tersedia di depan mata, memudahkan komunikasi dengan keluarga dan rekan yang bahkan bisa jadi berada di seberang benua.

Termasuk dalam fasilitas belajar, banyak sekali kemudahan yang dimiliki generasi millenial. Contohnya yang sedang booming adalah alternatif belajar membaca Qur’an dari nol (belajar membaca bahasa Arab) dan belajar tafsir Qur’an secara digital.


Belajar Qur’an dan Tafsirnya Melalui Dunia Maya

Belajar Qur’an tentu dapat menjadi obat kegersangan hati kaum millenial yang dikenal penuh dengan tekanan dalam hidupnya, dikarenakan beban pekerjaan dan tuntutan yang tinggi dari lingkungan.  Nilai-nilai spiritual, nilai-nilai ketuhanan, nilai-nilai kebaikan kepada sesama, semua adalah penyejuk hati dalam kegersangan hidup.

Salah satu fasilitas belajar Qur’an yang tersedia dengan mudahnya di zaman ini adalah fasilitas belajar membaca al-Qur’an dari nol yang tersedia dengan mudahnya. Yang perlu kita lakukan hanya sekedar berselancar dan memasukkan keyword yang tepat di search engine, maka berbagai tutorial untuk belajar membaca Qur’an dari nol akan langsung terpampang di layar smartphone kita, atau laptop dan desktop kita.

Ada banyak kurikulum yang ditawarkan, mulai yang gratisan dan yang premium. Yang gratis sangat banyak pilihan dengan kelebihan tidak perlu keluar biaya, yang premium dengan kelebihan materi tersusun jelas dan ada support systemnya seperti yang kurikulum yang ditawarkan oleh bisaquran.com, yang diklaim mudah untuk diikuti para pemula sekalipun dan pelajar bisa berkonsultasi dengan penyusun kurikulumnya langsung.

Untuk belajar tafsir pun, sekarang menjadi mudah. Bisa kita ikuti di beberapa website tafsir yang hanya perlu beberapa sentuhan jari untuk ditemukan. Ada banyak pilihannya, namun yang paling populer untuk saat ini adalah tafsirweb.com yang menyediakan berbagai referensi tafsir seperti dari Tafsir Ringkas Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Ringkas Kementrian Agama Saudi Arabia, dan juga beberapa jenis tafsir ringkas lainnya.

Tidak perlu banyak keringat dan banyak waktu untuk belajar sesuatu hal yang baru. Semua materi ajar tersedia di depan mata. Inilah kesempatan besar bagi generasi millenial. Sekarang tergantung bagaimana mereka akan memanfaatkannya. (RO/OL-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More