Senin 29 Juli 2019, 17:53 WIB

Terkendala Bangunan Liar, Pembersihan Kali Bahagia Molor

Gana Buana | Megapolitan
Terkendala Bangunan Liar, Pembersihan Kali Bahagia Molor

ANTARA
Air kali Bekasi terlihat berwarna hitam di kawasan bendungan kali Bekasi, jalan M Hasibuan, Kota Bekasi, Jawa Barat.

 

PEMBERSIHAN timbunan sampah Kali Bahagia di Kabupaten Bekasi terkendala alat berat. Untuk itu, pemerintah hanya mampu menerjunkan 30 orang personel untuk mengangkut sampah yang jumlahnya diperkirakan mencapai 400 ton tersebut.

“Banyak bangunan liar yang berdiri di sekitar akses masuk, jadi alat berat tidak bisa masuk,” ungkap Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Bekasi Dodi Agus Supriyanto, Senin (29/7).

Dodi menjelaskan, pihaknya saat ini masih melakukan koordinasi untuk langkah pembersihan sampah. Sebab, lokasi sungai berada di berbatasan antara Kecamatan Babelan, Tarumajaya dan Bekasi Utara (Kota Bekasi).

Mayoritas jenis sampah yang memenuhi aliran kali, kata dia, adalah sampah rumah tangga. Sampah plastik diperkirakan lebih banyak dari pada jenis lainnya.

“Tebalnya sekitar 50 sentimeter, tumpukan sampah menyebar hingga sejauh 1 kilometer,” kata Dodi.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Bina Marga dan SDA Kota Bekasi, Yudianto mengatakan, pihaknya akan ikut menerjukan sejumlah personel untuk membantu membersihkan sampah di Kali Bahagia. Namun, pihaknya masih melakukan survei di lapangan.

“Kita akan bantu tetap untuk antisipasi. Tim pematusan akan kami terjunkan untuk membantu, tapi jumlahnya berapa akan disesuaikan sekarang masih survei,” singkat Yudi.

Dalam sebuah video yang sempat viral di media sosial, tumpukan sampah di aliran Kali Bahagia, Kabupaten Bekasi itu tampak memenuhi permukaan kali hingga sepanjang 1 kilometer. Warga di sekitar lokasi menyebut, tumpukan sampah berada di aliran sungai sudah menahun. (Gan/A-3)

Baca Juga

Ilustrasi

Ledakan di Menteng, Polisi Temukan Pecahan Plastik

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 05 Juli 2020, 22:16 WIB
"Yang kita lihat ada pecahan plastik, pipa ada juga," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto kepada...
Ilustrasi

Polisi Periksa CCTV di TKP Ledakan Menteng

👤Kautsar Bobi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 21:36 WIB
Polisi tengah mencari tahu kronologi ledakan yang terjadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Sejumlah kamera pengawas (CCTV)...
Dok. Pribadi

Relawan Anies-Sandi Minta Izin Reklamasi Ancol Dicabut

👤Putra Ananda 🕔Minggu 05 Juli 2020, 21:19 WIB
Koordinator Jawara Sanny A. Irsan menilai bahwa Anies telah mengkhianati kepercayaan para pendukungnya terkait janji kampanye reklamasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya