Senin 29 Juli 2019, 06:16 WIB

Rival Berguguran, Verstappen Juara GP Jerman

Kautsar Halim | Olahraga
Rival Berguguran, Verstappen Juara GP Jerman

AFP/Andrej ISAKOVIC
Max Verstappen

PEMBALAP Red Bull Max Verstappen berhasil menjuarai F1GP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Hockenheimring, Minggu (28/7). Prestasi itu dia raih susah payah setelah melalui balapan basah.

Safety Car sempat masuk ke lintasan sebanyak empat kali karena cukup banyak peserta yang kecelakaan, tidak terkecuali duo Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Itu terjadi karena cuaca buruk selama balapan.

Hujan deras membuat para peserta membuntuti Safety Car untuk memulai start dengan aman. Protes para pembalap ramai terdengar di radio. Namun, barisan start sudah bisa dilakukan setelah berkeliling hampir empat putaran.

Hamilton sebagai pemilik posisi pole mampu start dengan mulus. Sedangkan Verstappen yang berada di posisi dua langsung disalip Bottas dan pembalap Alfa Romeo Kimi Raikkonen.

Pembalap Ferrari Sebastian Vettel langsung merangsek ke posisi ketujuh saat menyelesaikan putaran pertama. Padahal, dia memulai lomba dari posisi start paling buncit.

Baca juga: Hamilton Raih Posisi Pole di GP Jerman

Safety Car kembali masuk saat memulai lap ketiga lantaran Sergio Perez hilang kendali dan menabrak dinding seusai melewati Tikungan 11. Hamilton masih memimpin, sedangkan Bottas dan Verstappen memilih ganti ban di pitstop.

Charles Leclerc sempat mencoba bersaing dengan Hamilton, tapi dia malah tergelincir hingga menabrak dinding di Tikungan 16. Menariknya, Hamilton malah mengalami nasib yang sama berselang satu putaran kemudian.

Kecelakaan saat itu merusak sayap depan mobil dan memaksanya masuk pitstop. Hamilton langsung berada di urutan lima karena diam selama 50 detik dan terdapat penalti lima detik sebagai hukuman atas masuk pitstop tidak sesuai aturan.

Verstappen yang mulai memimpin sejak Lap 34 kembali merosot saat Lap 41 karena Nico Hulkenberg kecelakaan dan membuat Safety Car kembali ke lintasan. Verstappen memanfaatkan momen tersebut untuk masuk ke pitstop.

Verstappen merebut kembali posisi pertamanya dari Lance Stroll dan Danill Kvyat saat balapan tersisa 15 putaran.

Tidak lama kemudian, Hamilton malah kecelakaan lagi di Tikungan 1 yang membuatnya berada di urutan paling buncit dan harus puas finis di posisi 11 setelah berjuang.

Insiden tersebut tidak terlalu parah jika dibandingkan Bottas yang kecelakaan saat sedang menempati posisi empat dan balapan tersisa delapan putaran. Mobilnya memang bisa berjalan lagi, tapi sudah terlambat untuk mengejar pembalap lain. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More