Sabtu 27 Juli 2019, 01:00 WIB

Iwan Fals: Hutan dan Zikir Dedaunan

Dhika Kusuma Winata | Hiburan
Iwan Fals: Hutan dan Zikir Dedaunan

MI/SUMARYANTO
Iwan Fals yang bernama asli Virgiawan Listanto adalah seorang Penyanyi beraliran Balada, Pop, Rock, dan Country

 

BAGI Iwan Fals, hutan bisa bermakna lebih besar dari sekadar rimbun pepohonan. Hutan bisa menjadi kanopi yang menghindarkan manusia dari air bencana. Menjaga hutan juga mencerminkan spiritualitas manusia untuk menjalankan tugas mulia merawat Bumi.

"Buddha sendiri yang saya dengar katanya mendapat insiprasi di bawah pohon. Jadi, betapa luar biasa makna pohon dan hutan sebenarnya," tutur pria bernama asli Virgiawan Listanto, 57, itu.

Pada Kamis (25/7) lalu, musikus legendaris Indonesia itu tak henti-hentinya berbicara mengenai hutan saat tampil pada sebuah acara di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta. Setiap hendak memulai dan setelah mengakhiri lagu per lagu, celotehnya selalu membicarakan alam.

Selain karena panggungnya memang tepat di institusi pemegang kewenangan soal hutan Iwan memang memiliki kepedulian tinggi terhadap isu kelestarian alam. 

Salah satu albumnya bertajuk Keseimbangan (2010), juga didedikasikan bagi soal-soal kelestarian hutan. Lewat lagu-lagu yang dibawakannya itu, Iwan memantik nurani pendengarnya.

"Hutan ditebang kering kerontang. Hutan ditebang banjir datang. Hutan ditebang penyakit meradang. 

Hutan-hutanku hilang anak negeri bernasib malang. Hutan-hutanku hilang bangsa ini tenggelam. Sadar dan sadarlah hei anak negeri. Sadar dan sadarlah hei para pemimpin. Hentikan," pekik Iwan saat membawakan lagu Hutanku.

Lagu lain yang juga berisi tema lingkungan ia bawakan, yakni Isi Rimba tak Ada Tempat Berpijak Lagi. Dalam lagu itu, ia mengkritik praktik pembalakan liar yang dulu kerap marak.

Menjaga hutan, dalam pandangan suami Rosana ini, bukanlah perkara mudah. Pasalnya, ia pun membayangkan betapa luasnya cakupan hutan Indonesia. 

Di masa lalu, kejahatan kehutanan juga marak terjadi sehingga merusak lingkungan. Karena itu, ia mengajak semua orang untuk mau melakukan kontribusi paling sederhana, yakni menanam pohon.

"Saya seorang muslim dan saya diajarkan pokoknya kita harus bisa menanam pohon walaupun sebibit saja. Kalau kita menanam, percayalah pohon itu akan berzikir untuk kita. Daun-daun pohon yang kita tanam itu akan berzikir," tuturnya.

Ia pun membayangkan betapa sulitnya para aparat penjaga hutan melindungi hutan Indonesia yang tersisa kini. Karena itu, Iwan menyemangati para polisi hutan agar tetap berdedikasi.

Dalam kesempatan itu, Iwan tak melewatkan kesempatan untuk berbagi panggung bernyanyi bersama Menteri LHK Siti Nurbaya. Menteri memuji Iwan yang memiliki kepekaan dan aspirasi tinggi terhadap lingkungan.

Lagu Ibu Pertiwi
Penyanyi kawakan itu kini juga tengah disibukkan dengan partisipasinya dalam film Bumi Manusia. 

Bersama penyanyi lain, seperti Once dan Fiersa Besari, ia didapuk untuk mengisi lagu tema film Bumi Manusia. Ketiganya akan menyanyikan lagu nasional Indonesia Ibu Pertiwi dengan musik yang diaransemen ulang oleh komposer Purwacaraka.

Iwan mengaku gembira saat mengetahui dirinya ditawarkan menjadi pengisi lagu dalam film yang diangkat dari novel Pramoedya Ananta Toer itu.

"Saya senang sekali. Banyak cerita luar biasa dalam buku itu. Apalagi ini lagu Ibu Pertiwi lagu yang sangat lama mungkin ada sebelum 1945. Pasti seru," kata Iwan di kesempatan berbeda. (H-1)
 

Baca Juga

Soompi

Jang Hyuk Puas Duel Lawan Joe Taslim

👤Siswantini Suryandari 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 07:13 WIB
Aktor laga Jang Hyuk sangat menikmati duel laga melawan Joe Taslim dalam film Swordsman. Menurutnya duel itu menjadi klimaks dalam film...
MI/Retno Hemawati

Joox Berkomitmen jadi Tuan Rumah Musik Tanah Air

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:30 WIB
Lima tahun hadir di Indonesia, Joox selalu berusaha memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memilih dan mengatur lagu yang ingin...
MI/Retno Hemawati

Inilah Genre Musik yang Akan Digemari di Indonesia Tahun 2021

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:00 WIB
Dalam lima tahun belakangan ini, industri musik Indonesia meriah sekali. Banyak musisi baru muncul, genre dan jenis musik semakin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya