Jumat 26 Juli 2019, 16:06 WIB

Pegadaian Siap Melantai di Bursa pada 2020

Tesa Oktiana Surbakti | Ekonomi
Pegadaian Siap Melantai di Bursa pada 2020

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH
Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto

 

PT Pegadaian (Persero) berencana melepas saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2020. Perseroan tinggal menunggu izin tertulis dari pemegang saham, khususnya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Pegadaian mempunyai rencana IPO sudah lama, dari 5 tahun lalu. Sayangnya, tertunda terus. Kami juga belum mendapatkan izin tertulis dari pemegang saham," ujar Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto, dalam media gathering di Yogyakarta, Jumat (26/7).

Kendati demikian, lanjut Kuswiyoto, pihaknya kerap meyakinkan rencana itu kepada Menteri BUMN. Apalagi perekonomian domestik dalam kondisi relatif baik. 

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2019 tercatat 5,07%. Perseroan menargetkan IPO terealisasi pada 2020, tentunya dengan mencermati hasil penilaian sejumlah konsultan.

"Insya Allah, 2020 kita siapkan (IPO). Kita sudah meminta beberapa konsultan untuk menilai untung atau tidaknya IPO Pegadaian," imbuhnya.

Baca juga: PT Pegadaian Imbau Masyarakat Waspada

Dengan melepaskan saham, perusahaan dikatakannya menjadi lebih terbuka. Pengelolaan kinerja perusahaan pun diyakini semakin transparan dan bergerak ke pasar global. 

"IPO baik juga untuk internal perusahaan dan keseluruhan lingkungan makro. Tidak hanya sekedar mencari pendanaan, tapi berdampak positif bagi tata kelola," pungkas Kuswiyoto.

Tahun ini, Pegadaian menargetkan jumlah nasabah sebanyak 12 juta, atau tumbuh 20,3% dari periode sebelumnya. Adapun jumlah outstanding loan ditargetkan tumbuh 15,2% menjadi Rp46,5 triliun. Sementara itu, perusahaan menargetkan total aset mencapai Rp63 triliun, atau tumbuh 18,5% dari tahun lalu. Menyoroti laba bersih, targetnya sebesar Rp3 triliun, atau tumbuh 10,8%. (A-4)

Baca Juga

MI/Iiz Zatnika

Kemenkop UKM Dorong Empat Skema Bantu Koperasi Terdampak Covid-19

👤M Ilham Ramadhan 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:55 WIB
LPDB siap melakukan relaksasi terhadap mitra-mitra...
Istimewa

Covid-19 Tak Halangi Petani Indramayu Panen Raya Padi dan Jagung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:17 WIB
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Indramayu Takmid mengatakan Kementan setiap tahun menggelontorkan bantuan untuk Kabupaten...
Antara/Rahmad

Terdampak Covid-19, Pemerintah Siap Beli Produk Perikanan

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pasar produk perikanan global ikut terdampak pandemi covid-19. Mengantisipasi turunnya permintaan, pemerintah berencana  membeli...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya