Jumat 26 Juli 2019, 17:00 WIB

Grabexpress Satu Driver, Lima tujuan

Fathurrozak | Weekend
Grabexpress Satu Driver, Lima tujuan

MI/Fathurrozak
Grabexspres menambahkan sejumlah fitur yang semakin mempermudah UKM.

Superapp Grab menghadirkan tambahan fitur untuk Grabexpress. Kini, pelanggan bisa mengirim barang ke lima tujuan dalam sekali pesan. Bahkan, 10 pengemudi dalam waktu bersamaan.

Bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) GrabExpress memberikan pelatihan bagi para pelaku usaha mikro. Pelatihan yang diberikan di antaranya mengoptimalkan bisnis secara daring. Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyebutkan ada beberapa faktor agar bisnis UKM berkembang secara baik.

Pertama, produk harus menjadi kebutuhan masyarakat. Bukan hanya sekadar berjualan, melainkan produk yang ditawarkan ialah bagian dari solusi kebutuhan. Kedua, pengelolaan dilakukan dengan baik sehingga bisa berkesinambungan. Faktor lainnya, ialah pelaku harus mengerti pengetahuan pemasaran sehingga mampu menentukan target pasar. Brand image produk juga harus diperlakukan secara baik untuk menunjukkan kualitas dan pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan.

Selain itu, karena bersinggungan dengan pasar digital, maka faktor lain yang juga berpengaruh ialah sub logistik. Proses pengiriman barang menjadi salah satu faktor kepuasan pelanggan. Bukan hanya keutuhan kondisi barang saat sampai, tetapi juga kecepatan. Peluang ini yang dilihat lini layanan GrabExpress.

Fitur apa saja yang terbaru? Simak yuk.

1. Kirim Barang ke 5 Tujuan Sekaligus
Fitur ini memungkinkan pelanggan mengirim barang hingga ke lima tujuan dalam sekali pesan. Kepala GrabExpress Grab Indonesia Tyas Widyastuti, mengungkapkan, fitur ini memungkinkan pemesan bisa mengirimkan barang ke lima lokasi secara bersamaan melalui satu pengemudi.

"Jadi, kita bisa kirim barang ke lima lokasi berbeda hanya lewat satu pengemudi. Nanti rutenya bisa dicek di aplikasi, apakah barang sudah sampai tujuan atau masih di perjalanan," ungkapnya di sela acara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/7).

"Biasanya kalau mau kirim lima lokasi kan ya dengan lima pengemudi berbeda. Sekarang dalam sekali booking bisa menuju lokasi lain dengan driver yang sama," tambah Tyas.


2. Bisa Pesan 10 Pengemudi Bersamaan
Dengan fitur ini, pelanggan bisa memesan 10 pengemudi dalam waktu bersamaan. "Dulu sebelum ada fitur ini, misal mau kirim ke lima lokasi perlu bookingnya tunggu sampai selesai, baru booking lagi. Sekarang sudah bisa sampai 10 booking dalam waktu bersamaan. Enggak perlu nunggu yang booking awal selesai perjalanan," jelas Tyas.

Menurut Tyas, bila pelanggan ingin mengirim barang dalam jumlah banyak dan tujuan yang banyak, bisa dipermudah dengan fitur ini. Pelanggan bisa memilih layanan multistop pengemudi yakni satu pengemudi membawa ke beberapa titik tujuan, maupun dengan 10 pengemudi berbeda dengan tujuan berbeda dalam waktu bersamaan.

"Tentu untuk driver akan mendapat kompensasi yang lebih. Apa lagi kalau dengan multi-stop mereka akan berinteraksi dengan penerima berbeda-beda, sehingga ada tambahan tarif."

3. Langganan Paket Hemat
Fitur ini bisa dikatakan sangat cocok untuk para pebisnis daring. Apa lagi mereka yang harus kirim barang berkali-kali. Fitur ini memungkinkan pelanggan mendapat potongan biaya sebab berlangganan.

4. Melayani Pengiriman Luar Kota
Bila biasanya menggunakan layanan GrabExpress mengakomodasi satu wilayah, kini pengiriman barang antar kota/wilayah. Namun, untuk fitur ini baru hanya bisa dinikmati di Pulau Jawa. Guna mewujudkan layanan itu, GrabExpress menggandeng salah satu mitra ekspedisi. (M-3)

Baca juga : Pakai AC Bikin Bumi Tambah Panas?

 

Baca Juga

ScienceMag/Markus J Buehler

Dengarkan 'Nyanyian' Virus Korona Ini

👤Abdillah Marzuqi 🕔Selasa 07 April 2020, 19:26 WIB
Para ilmuwan mencari format baru yang diharapkan mampu menunjukkan bagian protein yang bisa diikat antibodi atau...
Gatesnotes.com

Rekomendasi Bacaan #DiRumahAja dari Buku Favorit Bill Gates

👤Bagus Pradana 🕔Selasa 07 April 2020, 15:00 WIB
Buku Why We Sleep dikatakan Bill Gates membuatnya mengubah pola...
Patrick Meinhardt /AFP

Terbukti, Anak-anak Lebih Tahan Terhadap Virus Korona

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 07 April 2020, 11:50 WIB
Kebayakan dari mereka juga tidak memerlukan perawatan intensif di rumah sakit, bahkan kecil kemungkinannya meninggal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya