Kamis 25 Juli 2019, 20:00 WIB

VMware Workspace One jadi Solusi Ruang Kerja Digital

Ghani Nurcahyadi | Teknologi
VMware Workspace One jadi Solusi Ruang Kerja Digital

Dok. Multipolar Technology
Solusi VMware Workspace One

DI era digital saat ini, kemudahan, kenyamanan dan keamanan akses terhadap data dan aplikasi perusahaan sangatlah dibutuhkan guna mendukung produktivitas, terlebih bagi pekerja mobile.

Di sisi lain, menyiasati tantangan dan ancaman dari sistem kerja modern yang mengakomodir bekerja secara mobile dari mana saja, kapan saja, melalui perangkat apa saja tidaklah mudah.

Menjawab permasalahan tersebut, Multipolar Technology bekerja sama dengan Tech Data Indonesia dan VMware Indonesia menggelar seminar bertajuk “Empower Employees with an Intelligent-Driven Digital Workspace” di Fairmont Jakarta Hotel, Kamis (25/7).

Agar produktivitas terus terjaga, akses terhadap data dan aplikasi harus bisa dilakukan kapan saja, di mana saja dan melalui perangkat apa saja.

Direktur Solution & Infrastructure Business Multipolar Technology Jip Ivan Sutanto mengatakan,tampilan aplikasi yang sama, baik itu saat diakses melalui desktop maupun perangkat mobile tentu sangat memudahkan penggunanya dan memberikan kenyamanan dalam beraktivitas.

Baca juga : Era Multicloud,Multipolar Dorong Gunakan Software-Defined Storage

"Tapi keamanannya juga harus dipikirkan, apalagi saat mengakses data perusahaan untuk keputusan bisnis yang bersifat sensitif. Dan hal ini bisa diakomodir dengan VMware Workspace ONE,” ujar Jip Ivan di sela-sela seminar.

VMware Workspace ONE adalah platform ruang kerja digital yang terintegrasi dan membantu dalam men-deploy aplikasi kapanpun di manapun dengan mudah sesuai pengaturan keamanan yang berlaku untuk aplikasi tersebut, tanpa memandang perangkat (desktop, laptop, tablet, handphone), sistem operasi (Android, iOS, Windows) maupun versi aplikasi yang digunakan.

Solusi ini berfungsi sebagai ‘perantara’ yang menjembatani aplikasi dengan perangkat atau sistem yang digunakan.

Konsepnya seperti membuka web browser untuk mengakses aplikasi kantor. Pengguna dapat login seperti layaknya bekerja dari kantor dan bisa mengakses semua aplikasi yang biasa digunakannya dari mana saja dan kapan saja dengan aman, sesuai pengaturan otorisasinya.

Bahkan jika pengguna memiliki banyak aplikasi internal, tidak perlu login satu per satu ke masing-masing aplikasi dan mengingat login ID serta password-nya.

Cukup masuk ke VMware Workspace ONE yang dilengkapi dengan SSO (Single Sign On), maka penggunanya bisa langsung masuk ke semua aplikasi tersebut sesuai otorisasinya.

Dari sisi perusahaan, VMware Workspace ONE memastikan pengaturan dan proteksi data perusahaan hanya bisa diakses oleh pengguna yang bersangkutan, jadi bisa dipastikan bahwa data atau aplikasi yang diakses memang benar sesuai profil pengguna yang berwenang sehingga terjamin keamanannya.

Tentunya hal ini sangat memudahkan perusahaan dalam melakukan proteksi menyeluruh terhadap informasi sensitif yang menyangkut bisnis perusahaan, data dan transaksi dengan klien dan mitra serta data karyawan, yang bisa dimonitor dalam satu konsol terpadu.

Tim TI juga dapat membatasi akses ke data perusahaan berdasarkan kepentingan dari departemen atau satuan kerja yang ada, termasuk pembatasan akses untuk bisa mengirimkan data tertentu atau tidak.

Ini karena VMware Workspace ONE tidak memandang platform atau versi yang digunakan oleh user, dari sisi pengguna tidak perlu kuatir bahwa perangkat yang dipakai tidak up-to-date pada software sehingga aktivitas dapat tetap berjalan seperti biasa.

Solusi ini juga memungkinkan penyebaran aplikasi hingga ke area yang terpencil bisa dilakukan dengan cepat dari pusat. (Ol-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More