Kamis 25 Juli 2019, 05:40 WIB

ITF Sunter tidak akan seperti PLTSa Sumur Batu

(put/J-2) | Megapolitan
 ITF Sunter tidak akan seperti PLTSa Sumur Batu

medcom
Sekretaris Perusahaan Jakpro Hani Sumarmo

 

Seperti diberitakan di Media Indonesia kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melayangkan Surat Peringatan kepada Nusa Wijaya Industries Group terkait dengan pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Sumur Batu. PLTSa Sumur Batu dinilai gagal saat uji coba.

Sejak dibangun pada 2016 hingga saat ini, PLTSa belum juga bisa beroperasi. Bahkan PLTSa belum mampu menghasilkan kapasitas listrik yang sesuai dengan ketentuan perjanjian kontrak dengan Pemkot Bekasi.

Ini berbeda dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Selaku BUMD DKI yang membangun intermediete treatment facility (ITF) atau fasilitas pengolahan sampah antara (FPSA), Jakpro menjamin ITF yang digagas Pemprov DKI Jakarta tidak akan ber-akhir seperti PLTSa Sumur Batu.

Jakpro menggunakan teknologi dari Finlandia yang berpengalaman mengolah sampah untuk menjadi listrik sehingga dijamin tidak akan mengalami kegagalan operasi.

Hani menjelaskan bahwa pengolahan sampah menggunakan ITF tidak mudah. "Teknologi ini terbilang baru di Indonesia," ujar Sekretaris Perusahaan Jakpro Hani Sumarmo dalam konferensi pers di Balai Kota, Rabu (24/7).

Menurut Hani, teknologi ITF harus presisi. "Antara mesin dan sampah yang dibutuhkan harus sesuai," katanya.

Dia melanjutkan bisa saja terjadi kegagalan uji coba dalam pengolah-an sampah menjadi listrik. "Banyak faktornya, antara lain mesin yang kurang mampu mengolah atau kurangnya pasokan sampah," lanjutnya.

"ITF Sunter ditargetkan menghasilkan 35 megawatt. Untuk itu, dibutuhkan 2.200 ton sampah per hari," tutupnya. (put/J-2)

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Wagub DKI Berharap PSBB Tahap Ketiga Jadi yang Terakhir

👤Yanti Nainggolan 🕔Senin 25 Mei 2020, 09:41 WIB
Untuk mewujudkan hal itu, Riza meminta warga Jakarta lebih taat, patuh, dan...
  MI/Siswantini Suryandari

Esok Jam Operasional KRL masih Dibatasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 24 Mei 2020, 23:44 WIB
"Perjalanan KRL dengan jam operasional pukul 05.00-08.00 WIB pada pagi hari kemudian dilanjutkan pukul 16.00-18.00 WIB pada sore hari...
Antara

Jakarta sudah Tes 129 Ribu Sampel Korona

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:01 WIB
Total sebanyak 115.042 orang telah menjalani tes cepat dengan persentase positif Covid-19 sebesar 4 % dengan rincian 4.421 orang dinyatakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya