Rabu 24 Juli 2019, 10:15 WIB

Anies Berhak Tunjuk Langsung Wakilnya

Nur Azizah | Megapolitan
Anies Berhak Tunjuk Langsung Wakilnya

ANTARA/Nova Wahyudi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

KETUA Panitia Khusus Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ongen Sangaji, tidak ambil pusing lantaran pengganti Sandiaga Uno tidak kunjung dipilih. Pada waktunya nanti, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya otoritas menunjuk langsung wakilnya.

"(Jika) tidak ada lagi pemilihan, bisa saja penunjukkan langsung oleh gubernur," kata Ongen saat dihubungi, Selasa (23/7).

Penunjukkan langsung bisa dilakukan, jika DPRD DKI memelihara polemik pemilihan Wagub DKI. Sebab, masa jabatan legislatif hampir usai, sementara alat kelengkapan dewan dan kepengurusan baru diprediksi Ongen terlaksana di April atau akhir Mei 2020

Dengan begitu, Anies hanya memiliki sisa waktu satu tahun delapan bulan. Maka pemilihan langsung oleh Kepala Daerah bisa dilakukan. Ongen tegas menyatakan dirinya lepas tangan.

Baca juga: Pengamat: Tidak Perlu Anies ke Luar Negeri Hanya untuk Ceramah

"Yang penting tugas saya sudah selesai. Kalau pun terjadi pergantian, tata tertib pemilihan ini masih bisa dipergunakan," kata Ongen.

Ongen menyampaikan tatib pemilihan wagub tidak akan basi. Sebab, tatib sudah digodok matang dengan Kementerian Dalam Negeri.

Ketua Fraksi Partai Hanura ini mengaku masa tugasnya akan berakhir pada 25 Agustus. Sehari setelahnya, masa kepengurusan baru akan dilantik. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

Dok MI

NasDem Minta Pemilihan Wagub Ditunda Hingga Situasi Kondusif

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 29 Maret 2020, 14:00 WIB
Fraksi NasDem merupakan fraksi pertama yang meminta agar pemilihan wagub DKI ditunda dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang digelar...
MI/Ramdani

Jika Jakarta Dikarantina: Pemerintah Butuh Rp8,4 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:55 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Demokrat, Mujiyono mengungkapkan jika Jakarta diputuskan untuk dikarantina, maka pemerintah membutuhkan...
MI/Ramdani

Jika Jakarta Dikarantina, Pemerintah Harus Menyiapkan Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:40 WIB
Pasokan pangan harus terjamin, transportasi publik harus beroperasi, lalu RS, puskesmas, apotek dan klinik tetap buka. Itulah skema yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya