Selasa 23 Juli 2019, 20:18 WIB

Tanpa Messi, Barca Ditumbangkan Chelsea

Cahya Mulyana | Sepak Bola
Tanpa Messi, Barca Ditumbangkan Chelsea

AFP/Toshifumi KITAMURA
Gelandang Chelsea Mason Mount dihadang oleh bek Barcelona Samuel Umtiti.

 

CHELSEA berhasil menekuk Barcelona dengan skor 2-1 pada laga Piala Rakuten, di Stadion Saitama, Jepang, Selasa (23/7). Barca melakoni laga yang digelar untuk mengisi jeda kompetisi itu digelar tidak diperkuat pilar utamanya seperti Luiz Suarez dan Lionel Messi.

Si Biru yang menurunkan pemain utama mereka mampu menguasai jalannya pertandingan dan mendapatkan sejumlah peluang. Seperti Pedro Rodriguez mampu mengancam Ter Stegen pada menit 16 namun tidak tepat sasaran.

Sementara Barca yang menurunkan pemain anyar dari Atletico Madrid, Antoine Griezmann terkesan belum berhasil beradaptasi dengan gaya permainan klub barunya dengan tidak mampu menekan lini belakang Chelsea.

Hal itu menambah beringas Chelsea karena kembali menekan tembok pertahanan Barca. Pada menit 23, Christian Pulisic bisa memperdaya Ter Stegen dan membuangnya blunder tapi tidak mampu dikonversi menjadi gol.

Baca juga: Messi Enggan Perpanjangan Kontrak Sebelum Neymar Datang

Tekanan Chelsea berhasil 10 menit menjelang turun minum lewat penyerang muda mereka Tammy Abraham. Ia mampu memanfaatkan kesalahan pemain kawakan Barca Sergio Busquets di dalam kotak penalti dan langsung menyepak bola ke dalam jala setelah melewati Ter Stegen.

Keunggulan Chelsea bertahan hingga turun minum. Barca merombak seluruh pemainnya di paruh kedua. Ter Stegen diganti Neto, Pique oleh Todibo, Umtiti diganti Lenglet, Jordi Alba diganti Jaime, Sergi Roberto diganti Alena, Collado diganti Malcom, Riqui Puig diganti De Jong, Oriol diganti Semedo, Sergio diganti Rakitic Dembele diganti Perez, dan Griezmann diganti Rafinha.

Tidak berbeda jauh, Chelsea juga menarik sembilan pemainnya untuk dilapis oleh pemain dari bangku cadangan. Hanya Kepa, Christensen yang dipertahankan hingga akhir laga, sisanya seperti Azpilicueta diganti Bakayoko, David Luiz diganti Zouma, Emerson diganti Alonso, Jorginho diganti Drinkwater, Kovacic diganti Zappacosta, Mount diganti Barkley, Pedro diganti Batshuayi, Pulisic diganti Giroud serta Abraham diganti Kenedy.

Sayangnya, energi baru Barca sempat membuat Chelsea kewalahan namun tidak mampu menjebol gawang Kepa. Sebaliknya, kiper Neto harus merasakan sakitnya kebobolan seperti yamg diderita Ter Stegen di babak awal.

Tepatnya saat waktu normal menunjukkan angka 80, Ross Barkley dapat memperlebar keunggulan timnya dari Barca. Skor 2-0 semakin menggerus mental Barca yang luput dari duo penyerang utama mereka, Messi dan Suarez.

Blaugrana baru bisa memangkas jarak semenit menjelang laga usai. Tendangan Rakitic mampu membuat Kepa tak berdaya lewat sepakan keras dari luar kotak penalti. Skor pun berakhir dengan keunggulan memihak Chelsea, 2-1. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More