Selasa 23 Juli 2019, 18:05 WIB

Empat Provinsi Sudah Tetapkan Caleg DPRD Provinsi Terpilih

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Empat Provinsi Sudah Tetapkan Caleg DPRD Provinsi Terpilih

Medcom.id/Faisal Abdalla.
Komisioner KPU Ilham Saputra

 

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menjelaskan ada enam provinsi yang tidak memiliki sengketa hasil Pileg, empat di antaranya sudah menetapkan kursi serta calon terpilih di tingkat DPRD Provinsi.

"Empat provinsi itu Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara," ungkapnya saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (23/7).

Penetapkan kursi serta calon terpilih di tingkat DPRD Provinsi dilakukan oleh KPU Provinsi. Penetapan itu sudah dilakukan per tanggal 22 Juli 2019. Selain itu, KPU juga menyatakan ada 315 kabupaten/kota yang tidak terdapat sengketa Pileg 2019 dan 185 daerah juga sudah menetapkan kursi dan calon DPRD tingkat kabupaten/kota per tgl 22 Juli 2019. Menurut Ilham, data tersebut masih sementara, akan ada perubahan lagi.

Baca juga: Golkar Serahkan Laporan Harta 85 Caleg DPR ke KPU

Kemudian, untuk DPR RI terdapat 35 Dapil yang dinyatakan tidak memiliki sengketa Pileg. Namun, caleg tersebut masih belum bisa ditetapkan karena menunggu putusan akhir dari Mahkamah Konstitusi.

Perbedaan ini disebabkan apabila ada sengketa yang diajukan dari satu dapil, maka nantinya hasil keputusan dari MK akan berpengaruh kepada keseluruhan kursi parlemen yang telah diperoleh.

"Jadi tidak ada yang bersangkutan lagi di MK, kalau masih ada DPR RI yang disoal di MK ya jangan dulu," pungkas Ilham.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More