Selasa 23 Juli 2019, 14:45 WIB

Protes Kemenangan Sun, Horton Diperingatkan FINA

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Protes Kemenangan Sun, Horton Diperingatkan FINA

AFP/Ed JONES
Perenang Australia Mack Horton menolak naik podium saat penyerahan medali di Kejuaraan Dunia Renang.

PERENANG Australia Mack Horton diperingatkan oleh Federasi Renang Dunia (FINA) setelah menolak satu podium dengan perenang Tiongkok Sun Yang selepas final nomor gaya bebas 400 meter di Kejuaraan Dunia Renang.

Horton yang meraih medali perak di belakang Sun, pada akhir pekan, menolak naik ke podium Sun untuk berfoto setelah penyerahan medali di Gwangju karena adanya tuduhan doping terhadap Sun.

Aksi perenang Australia itu membangkitkan kembali perselisihan keduanya saat Olimpiade 2016 kala Horton menuding Sun curang karena sempat diskorsing karena menggunakan doping sebelum meraih emas di Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil itu.

Ulah Horton kali ini membuat marah Sun yang menuding perenang Australia itu sengaja melecehkan Tiongkok. Akibatnya, warganet Tiongkok membanjiri akun Instagram Horton dengan ancaman pembunuhan terhadap sang perenang dan keluarganya.

"Eksekutif FINA memutuskan untuk mengirimkan surat peringatan kepada Swimming Australia dan Mack Horton," ungkap FINA dalam keterangan resmi mereka.

Baca juga: Indonesia Kirim 8 Perenang Ke Kejuaraan Dunia Renang 2019

"Meski FINA menghargai kebebasan pendapat, kebebasan itu harus dilakukan sesuai konteks."

"Seperti organisasi olahraga lainnya, atlet kami dan rombongannya harus menyadari tanggung jawab mereka untuk menghormati aturan FINA dan tidak menggunakan ajang FINA untuk membuat pernyataan pribadi," imbuhnya.

Sun bertanding ke Kejuaraan Dunia kali ini setelah ada laporan dia menghancurkan sampel darah miliknya setelah pemeriksaan pada tahun lalu.

Meski FINA mengizinkan Sun ambil bagian di kejuaraan dunia. Badan Antidoping Dunia (WADA) mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More