Selasa 23 Juli 2019, 10:10 WIB

Pusat Siapkan Rp28 Triliun Untuk Bangun Wisata Premium

John Lewar | Nusantara
Pusat Siapkan Rp28 Triliun Untuk Bangun Wisata Premium

MI/John Lewar
Menteri Pariwisata Arif Yahya (kedua dari kanan) saat mninjau Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai, NTT, Senin (22/7).

 

UNTUK mempercepat pembangunan sektor pariwisata premium, pemerintah pusat berkomitmen melakukan penataan secara total pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Bahkan penataan tersebut, sesuai target Presiden Joko Widodo dipastikan rampung pada tahun 2020 mendatang. Untuk mempercantik Bumi Komodo di mata dunia, pemerintah bakal menggelontor dana sebesar Rp28 triliun. Anggaran serupa juga disiapkan untuk 9 destinasi wisata unggulan lainnya di Tanah Air yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

"Rata-rata (anggaran) untuk satu destinasi, US$2 miliar atau Rp28 triliun. Untuk Labuan Bajo juga sebesar itu," jelas Menteri Pariwisata dan Kebudayaan RI Arif Yahya, saat dikonfirmasi wartawan usai membuka Turnamen Tinju Internasional Piala Presiden XXIII, di Labuan Bajo, Senin (22/7) malam.

baca juga: Cegah Unggas Sakit dengan Biosekuriti 3 Zona

Dari total anggaran tersebut, menurut dia, US$1 miliar di antaranya dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan utilitas dasar. Sisanya US$1 miliar lagi untuk investasi, hotel, resort dan lainnya. Arif Yahya memastikan, dengan penataan menyeluruh sesuai keinginan Presiden Jokowi ini, Labuan Bajo bersama 9 Bali Baru lainnya akan benar-benar menjadi daya tarik baru yang akan diminati wisatawan. Investasi juga dipastikan akan tumbuh pesat.

"Sekarang saja begitu akses di sini dibuka, termasuk status bandara internasional, akan mudah sekali investor untuk masuk ke Labuan Bajo. Yang paling diminati investor di sini," pungkasnya.(OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More