Selasa 23 Juli 2019, 10:30 WIB

Kapal Selam Prancis yang Hilang pada 1968 Ditemukan

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kapal Selam Prancis yang Hilang pada 1968 Ditemukan

AFP
Kapal selam Minerve milik Prancis yang hilang pada 27 Januari 1968.

 

SEBUAH kapal selam Prancis yang hilang di Laut Mediterania pada 1968 telah ditemukan. Hal itu diungkapkan otoritas Prancis, Senin (22/7).

Penemuan itu mengakhiri penantian selama 51 tahun bagi keluarga awal kapal yang mencari jawaban atas nasib kerabat mereka.

Kapal selam tenaga diesel Minerve hilang di lepas pantai selatan Prancis dengan 52 awak mereka pada 27 Januari 1968.

"Kami menemukan Kapal Selam Minerve tadi malam 45 kilometer di selatan Toulon, sekitar 20 kilometer lebih selatan dari tempat kami melakukan pencarian pada 1968," ungkap Komandan Wilayah Maritim Mediterania Prancis, Laksamana Muda Charles Henri du Che.

Baca juga: PM Inggris Bahas Soal Penyitaan Kapal Inggris oleh Otoritas Iran

Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly, lewat Twitter, memuji penemuan itu sebagai sebuah kesuksesan dan kelegaan sembari menambahkan dirinya berbahagia untuk keluarga yang telah menanti sedemikian lama.

Pada awal tahun ini, Parly memerintahkan operasi pencarian baru yang mencakup kapal Angkatan Laut dan pakar maritim setelah ada tuntutan baru dari keluarga awak kapal.

"Ini adalah sebuah kelegaan, sangat emosional," ungkap putra kapten Minerve, Herve Fayvre

Penemuan kapal selam itu terjadi pada Minggu (21/7) oleh kapal milik perusahaan Amerika Serikat (AS), Ocean Infinity. Minerve ditemukan di kedalaman 2.370 meter. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More